Cahaya Itu Bersinar Sempurna

Oleh Wahyu Prihatnala, Junior Officer Administrasi Pengadaan Area Merauke PLN Wilayah Papua dan Papua Barat

Pagi yang cerah mengawali indahnya hari di kota Merauke yang sedang bersuka cita menyambut pimpinan tertinggi negeri ini. Hari itu, 30 Desember 2015, Presiden Joko Widodo berkunjung ke Merauke untuk memberikan sejuta harapan bagi setiap rakyat Indonesia melalui Kapsul Waktu. Ekspedisi Kapsul Waktu merupakan gagasan unik pertama sepanjang sejarah Indonesia untuk mengumpulkan impian masyarakat dari setiap propinsi di Indonesia.

Setelah berkeliling di 34 sejak 22 September 2015, Ekspedisi Kapsul Waktu telah berhasil mencapai titik akhir dengan menempuh jarak sejauh 24.089 kilometer. Kapsul Impian ini diletakkan di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia 2015-2085 secara permanen, di Merauke, Papua pada 30 Desember 2015 oleh Presiden Jokowi.

PLN Area Merauke memiliki peranan yang besar dalam kunjungan Jokowi saat itu. Kepala Divisi Operasi Regional Maluku dan Papua Ida Bagus Ari Wardana memimpin langsung personel yang bekerja dilapangan. Kedatangan KDIVOR-MP ini mampu memberikan semangat lebih bagi setiap punggawa PLN Area Merauke dalam mendukung keberhasilan acara penanaman Kapsul Waktu 2085.

Seluruh bidang bersinergi untuk memberikan layanan prima. Bidang Pembangkitan secara khusus mempersiapkan mesin dengan kapasitas 720 Kilowatt (kW). Mesin ini secara reguler hanya dioperasikan ketika memasuki waktu beban puncak. Kepala Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Kelapa Lima, Sunardi terjun langsung untuk memberikan instruksi dalam pengoperasian mesin berkapasitas 720 kW tersebut sehingga bisa beroperasi dengan maksimal. Pun demikian dengan Supervisor Pemeliharaan Jaringan Slamet Santoso yang sangat berperan dalam mencreate jaringan dari Pusat Listrik Kelapa Lima ke venue acara. Slamet Santoso beserta tim Jaringan bekerja keras dalam menarik kabel untuk mensuplai energi listrik yang handal. Ia pun menyiapkan SOP khusus dalam pengoperasian jaringan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan, sehingga proses penormalan pasokan energi listrik bisa berlangsung dengan cepat.

Alhamdulillah, kunjungan Presiden Jokowi berlangsung lancar. Kehandalan pasokan listrik ini buah dari Quick Win atau produk unggulan PLN Area Merauke yaitu 4 S; Sempurna Row, Sempurna Proteksi, Sempurna Material dan Sempurna Konstruksi. KDIVOP-MP juga berharap kinerja optimal Tim Pelayanan Teknik (Yantek) PLN Area Merauke agar dapat makin ditingkatkan sehingga mampu menjadi produk unggulan kedua Area Merauke, yaitu Yantek Terbaik.

Dalam pesannya kepada seluruh pegawai Area Merauke, KDIVOP-MP juga meminta untuk lebih fokus pada proses pekerjaan. Proses yang baik akan berbanding lurus dengan hasil pekerjaan yang akan dapat dicapai secara maksimal. Dalam suatu proses pekerjaan, ada 3 hal yang diperhatikan yaitu rencana, eksekusi dan monitoring. Dalam pencapaian suatu kinerja itu ada beberapa tingkatan hasil yang bisa dilihat. Yang pertama adalah kuantitas. Setiap apa yang kita kerjakan harus sesuai jumlahnya dengan ketentuan atau pedoman yang telah dibuat. Yang kedua adalah kualitas. Setiap pekerjaan kita bisa dinilai baik apabila kita kerjakan dengan kesungguhan untuk menghasilkan karya terbaik. Ketiga, adalah estetika dari apa yang sudah kita kerjakan. Kita harus bisa menunjukkan karya terbaik yang dapat diterima semua khalayak. Bahwa apa yang yang sudah kita kerjakan adalah sesuatu yang memang layak untuk mendapatkan pengakuan dan penghagaan publik. Tingkatan tertinggi pencapaian kerja adalah Etika. Dalam bekerja kita tetap menjaga Etika. Suatu pekerjaan itu akan menjadi kebaikan, apabila dikerjakan dengan cara yang baik. Itulah yang namanya etika.

PLN Area Merauke akan senantiasa menerangi papua dan bisa dipastikan cahaya itu bersinar sempurna.