FAQ’s

Berikut kami sajikan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan tentang listrik

 

Bagaimana cara mengurus penambahan daya listrik untuk pesta ?
Untuk keperluan pesta atau keperluan sementara lain seperti hajatan, peringatan hari kemerdekaan dan lain-lain PLN memiliki produk khusus yang dinamakan Tarif Multiguna. Tarif ini hanya dipergunakan khusus bagi penggunaan tenaga listrik yang karena berbagai hal tidak dapat dicakup oleh ketentuan tarif baku, diantaranya karena bersifat sementara (jangka waktu pendek). Pelanggan yang meminta tarif multiguna dipersilahkan menghubungi kantor Area Pelayanan (AP) dimana pelanggan tersebut dilayani.


 

Jika lampu jalan di lingkungan komplek padam, kemana minta lampu jalan ?
Lampu penerangan jalan adalah tanggung jawab Pemda setempat. Dalam hal ini PLN hanya bertugas untuk menarik pajak penerangan jalan (PPJ) untuk kemudian disetorkan ke Pemda dan mensuplai aliran listrik ke penerangan jalan tersebut. Sementara untuk pemasangan baru, pemeliharaan dan penanganan gangguan penerangan jalan adalah tanggung jawab Pemda, dalam hal ini Dinas Penerangan Jalan Umum. (klik lari ke materi PJU)


 

Kenapa rekening listrik saya tiba-tiba melonjak ?
Penyebab rekening listrik melonjak kemungkinan karena petugas tidak mencatat dengan benar angka pemakaian kWh pelanggan. Kami terus-menerus melakukan pembenahan dan pembinaan kepada petugas pencatat meter untuk meningkatkan akurasi baca meter. Untuk itu kami mohon partisipasi pelanggan untuk melaporkan kepada kami petugas yang tidak bekerja dengan benar. Sementara jika pelanggan menemui rekening listriknya anjlok (terlalu besar atau terlalu kecil), jangan dibayar dahulu. Sampaikan hal itu ke kantor Area Pelayanan dimana pelanggan dilayani. Kami memiliki data historis pemakaian listrik pelanggan. Jika memang terjadi kesalahan pencatatan atau perhitungan akan langsung dikoreksi.


 

Jika saya mengajukan permintaan untuk penggeseran tiang/gardu apakah dikenakan biaya ?
Gardu atau jaringan instalasi listrik suatu saat barangkali mengganggu perluasan rumah atau bangunan kantor Anda, sehingga Anda ingin gardu atau jaringan tersebut dipindahkan. Permintaan Anda akan dilayani namun semua biaya akan dibebankan kepada pihak Anda. Hal ini karena pada saat pembangunan gardu atau jaringan tersebut PLN sudah mengeluarkan biaya investasi yang besar. Disamping itu anggaran PLN saat ini dalam kondisi belum stabil sehingga alokasi anggaran sangat ketat serta diutamakan untuk perluasan jaringan berikut keandalannya.
Biaya penggeseran gardu atau jaringan akan diperhitungkan menurut rencana anggaran biaya yang disiapkan PLN dengan pertimbangan matang dan lebih luas. Silahkan Anda menghubungi Area Pelayanan terdekat sesuai wilayah pelayanan dan akan ditindaklanjuti sesuai prioritas masalah serta memperhatikan aspek teknik yang tidak menyalahi aturan tata kota yang telah ditetapkan Pemda.


 

Jika ada pencurian listrik kemana saya harus melapor ?
Silahkan Anda menyampaikan informasi dugaan adanya pencurian listrik kepada Area Pelayanan PLN terdekat atau ke 123. Kerahasiaan Anda akan dijamin.


 

Ketika saya membayar rekening listrik melalui tempat pembayaran, kenapa jumlahnya dibulatkan ?
Pada dasarnya yang harus dibayar pelanggan hanyalah yang tertera di rekening listrik (termasuk Pajak Penerangan Jalan). Pungutan di luar itu (misal pembulatan ke atas) adalah ilegal atau pungutan liar.
Tolong disampaikan kepada kami melalui Area Pelayanan PLN terdekat alamat lengkap atau kode inkaso dari payment ponit (tempat pembayaran) yang melakukan pembulatan tersebut. Kami akan menegur penyelenggara payment point tersebut


 

Apakah diperbolehkan meminta penyambungan baru daya 450 VA ?
Pada prinsipnya boleh saja. Namun untuk penyambungan baru / penambahan daya 450 VA dan 900 VA, PLN dibatasi kuota oleh pemerintah. Jika kuota belum terpakai semua, maka permintaan penyambungan baru / penambahan daya 450 VA dan 900 VA akan dimasukkan sebagai daftar tunggu sesuai urutan.
Daftar tunggu diumumkan secara transparan di kantor-kantor Area Pelayanan PLN.


 

Kenapa pelanggan disuruh menghemat listrik ? Kalau pelanggan mampu membayar toh tidak ada masalah ?
Energi listrik yang kita nikmati jumlahnya tidak melimpah ruah, namun terbatas. Sementara tingkat pertumbuhan kebutuhan listrik setiap tahun cukup tinggi. Jika kondisi ini dibiarkan, bukan mustahil di masa depan kita akan mengalami krisis listrik. Untuk mengantisipasi hal tersebut dari sisi suplay, pemerintah bersama PLN berusaha meningkatkan kapasitas pembangkit, diantaranya dengan membangun pembangkit-pembangkit baru (Supply Side Management /SSM).
Namun hal itu saja tidak cukup karena dana pemerintah dan PLN untuk membangun pembangkit baru sangat terbatas. Oleh karena itu diperlukan partisipasi pelanggan dengan berhemat listrik (Demand Side Management/ DSM). Melalui program DSM diharapkan kita dapat menunda kebutuhan untuk membangun pembangkit baru.