PLN Bogor Mudahkan Pelanggan Dengan Layanan SMS

(Bogor, 17/7). Mulai hari ini, Minggu (17/7), pelanggan PLN Area Pelayanan Jaringan Bogor sudah dapat menikmati layanan informasi listrik lewat Layanan Pesan Singkat atau Short Message Service (SMS) dengan menggunakan telepon genggam alias handphone.

Layanan informasi terbaru ini diresmikan oleh  Manajer PLN APJ Bogor Adi Priyanto dengan disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat, Walikota Bogor, Ketua DPRD Bogor, serta Pemimpin Redaksi Radar Bogor di Lapangan Sempur, Bogor.

Layanan SMS ini memungkinkan pelanggan PLN untuk mengakses informasi seputar pelayanan dan informasi kelistrikan secara cepat dan akurat, khususnya untuk Area Pelayanan Bogor. “Dengan SMS Layanan ini, masyarakat makin mudah dan cepat atas layanan PLN dan menghilangkan calo”, ujar Manajer PLN APJ Bogor Adi Priyanto.

Selanjutnya Adi Priyanto menjelaskan  ada enam fitur yang bisa diakses via layanan SMS ini. Ke enam fitur tersebut berisi informasi tentang  1. Migrasi ke Listrik Prabayar 2. Migrasi Ubah Daya 3. Pasang Baru 4. Ubah Daya 5. Info Pasang Baru 6. Info Ubah Daya.

Pelanggan cukup mengirim SMS ke satu nomor tujuan saja yakni 087770949123 yang tentunya dapat diakses oleh nomor telepon genggam dari semua operator seluler yang ada di Indonesia . Sebagai contoh untuk mengetahui informasi pasang baru listrik, cukup ketik : INFOPB#DAYA kemudian kirim ke nomor 087770949123.

Nantinya, pelanggan akan mendapatkan feedback atau balasan SMS langsung dari petugas perihal informasi yang ditanyakan. Sebagai contoh : Biaya pasang baru daya 450 kVA : biaya Pasang Rp 337.500, biaya materai Rp 3.000, biaya token Rp 20.000 .Total biaya Rp 360.500.

Sementara itu, PLN juga memastikan, bahwa setiap permohonan penyambungan baru yang diminta calon pelanggan akan dilayani dan langsung disambung, sepanjang telah memenuhi ketentuan administrasi dan teknis penyambungan yang tidak berkaitan dengan masalah instalasi listrik di rumah/bangunan pelanggan.

Seluruh material yang dibutuhkan untuk penyambungan, termasuk bila membutuhkan perluasan jaringan, menjadi tanggungjawab PLN sepenuhnya. Dengan kebijakan baru ini diharapkan para pelanggan baru dapat dengan mudah menikmati listrik tanpa harus terkendala biaya, maupun prosedur yang berbelit.

Upaya PLN untuk menyederhanakan prosedur penyambungan baru ini,  semakin menegaskan bahwa PLN tengah menerapkan paradigma baru dalam layanan penyambungan listrik yang lebih mudah, transparan, tidak berbelit dan bebas dari segala bentuk kecurangan.