Panas Bumi Ulumbu Telah Menghasilkan Listrik

(Manggarai, 11/11) Ujicoba pasokan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu resmi dioperasikan hari ini, Jumat 11/11. Daya 100 kiloWatt (kW) akan disalurkan ke empat desa yang berada di sekitar PLTP Ulumbu dari total kapasitas 2 X 2,5 Mega Watt (MW). Disusul kemudian pada akhir November 2011 pasokan listrik dari Ulumbu akan menerangi kota Ruteng, Kabupaten Manggarai. Selanjutnya pada tahun 2012 listrik Ulumbu mulai dialirkan ke Kabupaten lain di pulau Flores. PLTP Ulumbu merupakan pembangkit listrik dengan memanfaatkan tenaga panas bumi yang berlokasi  di desa Wewo, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai Tengah, Nusa Tenggara Timur, sekitar 22 km sebelah selatan dari Ruteng.

Dirut PLN Nur Pamudji (kiri), Menteri BUMN Dahlan Iskan (tengah)

“Sejak kemarin listrik Ulumbu sudah menyala untuk empat desa. Akhir November nanti 2 x 2,5 MW akan disambung masuk ke kota Ruteng. Tahun 2012 juga akan masuk ke kabupaten tetangga dan mulai tahun 2013 listrik di seluruh daratan Flores dipasok dari Ulumbu”, ungkap Direktur Utama PLN Nur Pamudji.

Ujicoba pengoperasian listrik yang memanfaatkan sumber panas bumi Ulumbu dimulai dengan pengeboran sumur pertama di tahun 2003. Pengeboran dilanjutkan kemudian pada tahun 2006 pemboran sumur kedua dan ketiga.

Sumur kedua kapasitas 2×2,5 MW sudah berhasil diujicoba menghasilkan listrik sebesar 100 kilowatt yang menerangi desa Wewo, Ponggeok, Umu dan desa Paka. Untuk sumur ketiga rencana beroperasi pada tahun 2012.

Ujicoba pengoperasian PLTP Ulumbu ditandai dengan ritual potong kerbau oleh masyarakat adat Manggarai. Hadir dalam acara Direktur Operasi PLN Indonesia Timur Vicner Sinaga, General Manager PLN Wilayah NTT