PLN Deklarasikan Pusat Pelatihan Pengembangan Petugas Khusus PDKB

(Semarang, 10/11) PT PLN (Persero) mendeklarasikan berdirinya Pusat Pelatihan Pengembangan Petugas Khusus PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan/Live Line Maintenance Academy) berpusat di PLN Udiklat Kedung Mundu, Semarang, Kamis  (10/11), bertepatan dengan pelaksanaan Konvensi dan Workshop Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) tahun 2011.

Tampak dalam foto disamping, Pasukan Khusus PLN sedang melakukan pekerjaan pemeliharaan Jaringan listrik dalam keadaan pertegangan atau tanpa pemadaman di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Output yang diharapkan meningkatkan kompetensi petugas untuk mencapai kinerja Operasional Ekselen. Konvensi dan workshop yang berlangsung  tanggal 10 s/d 11 November 2011 di Udiklat Semarang, mengambil tema “Meningkatkan Manajemen PDKB untuk Mencapai Kinerja EKSELEN Perusahaan“. Kegiatan lain, pengoperasian Gardu Induk (GI) Simulator, peresmian kantor sekretariat PDKB dan Penandatanganan MoU antara PT PLN (Persero) dengan Electrical Industry Training Insitute dari Canada dan Universitas Gajah Mada (UGM) tentang perlatihan PDKB.

PDKB adalah pekerjaan pemeliharaan, perbaikan atau penggantian isolator serta kelengkapan konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik tanpa memadamkan jaringan yang sedang beroperasi. Dengan demikian kelangsungan suplai listrik tetap terjaga dan selama pekerjaan tersebut berlangsung pelanggan tidak perlu mengalami pemadaman. Dan pada akhirnya masyarakat dapat merasakan kenyamanan dengan listrik tetap nyala saat terjadi pekerjaan pemeliharaan jaringan listrik baik pada sisi Tegangan Rendah (TR), Tegangan Menengah (TM), Tegangan Tinggi (TT) maupun Tegangan Extra Tinggi.