CIRED Indonesia selenggarakan Asset Management Seminar

(Jakarta, 13/12) Untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya penanganan aset dalam sebuah perusahaan, terutama bagi para pelaku industri di bidang ketenagalistrikan yang ada di Indonesia, maka Congrĕs International des Rĕseaux Electriques de Distribution (CIRED) Indonesia, mengadakan seminar sehari dengan topik Electrical Distribution Advanced Asset Life Cycle Management Seminar yang dilaksanakan pada Selasa (13/12), bertempat di Hotel Intercontinental, Jakarta.

Mr.Tony Saker (kanan) dari UMS Group Asia Pasific & Mr. Halim Bin Osman (tengah) dari CIRED Malaysia

Seminar yang diselenggarakan oleh CIRED Indonesia ini, selain diikuti oleh peserta dari internal PLN, juga diikuti sejumlah perusahaan yang bergerak di industri ketenagalistrikan nasional dan internasional dengan menghadirkan sejumlah pembicara multinasional yang merupakan ahli dibidang manajemen atau pengelolaan aset, seperti : Mr.Tony Saker dari UMS Group Asia Pasific, Mr.Halim Osman dari CIRED Malaysia, Mr. Dr.Ghosh dari RUP Consultants Inc,Kanada, Ms. Jazimah Abdul Majeed dari TNB Malaysia, Mr. Terence Martin dari Grid Sense, Amerika Serikat dan Mr.Sugiyanto Jamin dari PJB Indonesia.

Mr.Tony Saker, Managing Director UMS Group Asia Pasific yang tampil sebagai pembicara pertama, dalam presentasinya yang diberi judul “Industry Trends in Transmission and Distributions Utility Business & Asset Management” menyebutkan bahwa betapa pentingnya sebuah pengelolaan aset yang terintegrasi dengan teknologi informasi bagi sebuah perusahaan dalam menghadapi perdagangan terbuka dewasa ini. Untuk mencapai hal tersebut, harus dimulai dari adanya perubahan atau transformasi budaya dalam perusahaan itu sendiri. Perubahan sistem dalam pengelolaan asset yang akan dilakukan turut dipengaruhi oleh struktur kepemilikan sebuah perusahaan.

Lebih lanjut disampaikan Tony Saker, bahwa pengelolaan asset yang baik dan professional secara ideal harus didukung oleh infrastruktur manajemen sistem yang telah dibangun secara terintegrasi dengan memanfaatan teknologi informasi serta harus didukung pula oleh Sumber Daya Manusia yang handal. Ini membutuhkan dukungan penuh dari manajemen untuk mencapai kondisi ideal, karena asset dalam sebuah perusahaan memegang peranan penting untuk operasional dan kemajuan sebuah perusahaan.

Sebagai bagian dari CIRED International yang berpusat di Belgia, CIRED Indonesia yang didirikan sejak September 2011 lalu dan diketuai oleh I.G.A. Ngurah Adnyana yang juga adalah Direktur Operasi PLN Jawa Bali ini memiliki sejumlah program kegiatan yang disesuaikan dengan misi dan visi dari CIRED, salah satunya adalah pembinaan kompetensi baik itu di sisi : Skill, Knowledge dan Attitude dari setiap anggota CIRED Indonesia yang juga insan pelaku bidang distribusi listrik Indonesia, untuk mengembangkan expertise di bidang distribusi tenaga listrik nasional sehingga sejalan dengan komunitas distribusi internasional dan setara dengan negara yang lebih maju.