Dukung Ekonomi Sulawesi Barat, PLN Bangun Jaringan Sepanjang 150 Kilometer

(Mamuju,16/04) Untuk mengantisipasi pertumbuhan kebutuhan listrik serta untuk ikut mendorong pertumbuhan pembangunan di Sulawesi Barat, PLN sedang membangun Transmisi 150 KV sepanjang 150 km yang akan menghubungkan Sulawesi Tengah dengan Sulawesi Barat dengan mengalirkan listrik yang dihasilkan PLTA Poso Di Sulawesi Tengah yang berkapasitas 180 MW.

“Dengan membangun Jaringan Transmisi 150 KV dari Sulawesi Tengah ke Sulawesi Barat kami harapkan akan menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan listrik di Sulawesi Barat” ujar Direktur Operasi Indonesia Timur PLN Vickner Sinaga saat bertemu dengan Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh.

Saat ini listrik di Sulbar dipasok dari sejumlah pembangkit yang beroperasi di Sulbar dan juga terhubung dengan interkoneksi sistem Sulawesi Selatan melalui Gardu Induk (GI) Mamuju,serta juga terhubungkan melalui Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 KV sepanjang kurang lebih 250 km dari Donggala di Sulawesi Tengah ke Sarjo dan Pasang Kayu, di Sulawesi Barat.

Pada pertemuan tersebut, Gubernur Sulawesi Barat menyampaikan tentang perkembangan pembangunan di propinsi yang dipimpinnya. “Kami di Sulawesi Barat, fokus pada tumbuhnya perekonomian daerah, utamanya ekonomi masyarakat yang ada di Sulawesi Barat. Kami membutuhkan dukungan pasokan listrik, sehingga para investor yang akan menanamkan modalnya di Sulawesi Barat serta para pelaku ekonomi kerakyatan lainnya menjadi lebih bergairah untuk menggerakan perekonomian di daerah kami” ungkap Gubernur Anwar Adnan Saleh.

Hingga 31 Maret 2012, di propinsi Sulawesi Barat, yang terdiri dari 5 kabupaten, memiliki jumlah pelanggan 113 ribu dengan beban puncak mencapai 32 MW diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi sehingga pada akhir Desember 2012 jumlah pelanggannya akan mencapai 123 ribu dengan beban puncak 38 MW. Khusus untuk Mamuju sebagai Ibukota propinsi beban puncaknya saat ini adalah sebesar 12 MW dan diperkirakan di akhir tahun 2012 nanti akan tumbuh menjadi 15 MW. Pada 2011, tingkat rasio elektrifikasi di Sulawesi Barat adalah 55%, di akhir tahun 2012 nanti PLN menargetkan peningkatan rasio elektrifikasi menjadi 68% atau mengalami pertumbuhan 13%.

Pertemuan dengan Gubernur ini juga dihadiri oleh Kepala Divisi Distribusi dan Pelayanan Pelanggan PLN Indonesia Timur, Wirabumi Kaluti, General Manager PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat, Zulkifli Abdullah Puteh didampingi Manajer PLN Area Mamuju, Nyoman Sueca.