PLN Tandatangani Jual Beli Listrik PLTM Di Sumatera Barat

(Padang, 4/10) PLN menandatangani sekaligus dua perjanjian jual beli tenaga listrik (Power Purchase Agreement/PPA) dari Pembangkit Listrik Minihidro (PLTM) di sela-sela acara Rapat Koordinasi Direktorat Operasi Indonesia Barat PLN, Kamis, 4 Oktober 2012.

Pertama perjanjian jual beli listrik PLTM Induring, Kabupaten Pesisir Selatan yang dilakukan antara General Manager PLN Wilayah Sumatera Barat, Judi Winardi dengan Direktur Utama PT Pembangkit Listrik Induring, Iqbal Rahim Wilis. PLTM Induring berkapasitas 2 x 0,6 MW terletak di Desa Induring, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang akan dibangun oleh PT Pembangkit Listrik Induring.

Kedua perjanjian jual beli listrik PLTM Gumanti III antara PLN Wilayah Sumatera Barat yang diwakili oleh General Manager dengan Direktur PT Supraco Mitra Energie, Misyal A. Bahwal sebagai kontraktor pembangunan PLTM Gumanti III. PLTM yang berkapasitas 2 x 2,5 MW + 1 x 1,45 MW ini terletak di Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Direktur Operasi Indonesia Barat PLN, Moch. Harry Jaya Pahlawan yang hadir menyaksikan acara tersebut mengharapkan usai penandatanganan bisa dilanjutkan dengan pembangunan. “Izin lokasi dan prinsip harus dilihat dalam satu tahun apakah ada perkembangan. Bila tidak ada perkembangan kontrak diputus saja,” kata Harry menegaskan.

Bupati Solok Syamsu Rahim yang juga hadir dalam penandatanganan PPA mengatakan potensi air untuk PLTM di Solok sangat melimpah, potensi air yang ada dapat menghasilkan kapasitas listrik 20-30 MW. “Hingga saat ini baru satu proyek PLTM yang sudah dilakukan pembebasan tanah,” katanya. Untuk keseluruhan di Sumbar ada delapan kabupaten yang tertinggal infrastrukturnya. “Kami berterimakasih atas partisipasi PLN membantu kami membangun PLTM. Dari segi perizinan sudah tidak ada masalah. Jangan sampai kontraktor mundur dari pembangunan proyek”, Pungkas Syamsu.