Dua Evina Nongkrong di IJIC 2012

(Bandung, 30/11) Evina, mobil listrik nasional yang digagas PT PLN (Persero) dengan PT Sarimas Ahmadi Pratama (SAP), pagi-pagi sudah dikerubuti masyarakat umum. Bagaimana tidak, dua evina milik PLN ini, sejak subuh sudah siap “nampang” pada acara Indonesia Japan Innovation Convention di Sasana Budaya Ganesha-Bandung, Jum’at (30/11).

Evina sendiri kependekan dari Electric Vehicle Indonesia yang dinamai langsung oleh Direktur Utama PLN, Nur Pamudji. Mobil listrik ini sendiri sudah dirakit sejak akhir Maret lalu berbarengan dengan mobil listrik hijau yang sering digunakan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Evina ini mampu menempuh kecepatan maksimum hingga 120 km/jam. Dan dalam setiap pengisian, mobil mungil ini mampu menempuh jarak hingga 135 km. Dalam mengendarai mobil listrik ini, penumpang atau pengemudi akan merasakan respons tinggi, nyaman, dan nyaris tak ada suara alias halus. Dan terpenting, mobil ini akan mampu menghemat energi serta ramah lingkungan.

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji yang sempat melihat pameran mobil listrik ini mengutarakan, PLN siap untuk mensuplai listrik. “Nantinya, konsentrasi PLN terhadap mobil listrik nasional ini adalah penjualan listriknya. Saat ini kami tengah meriset dan mengembangkan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) untuk kendaraan listrik,” ujarnya.

Nantinya, terdapat beberapa macam cara pengisian baterai. Ada yang menggunakan kWh meter yang dipasang langsung di mobil, ada yang menggunakan listrik koin, atau seperti stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Dalam perhitungan pengisian baterai yang dilakukan beberapa tim, pada Kamis (29/11), Evina putih hanya menyedot listrik sekitar 4,4 kwH dalam pengisian baterai selama tiga jam pada tegangan AC 220 Volt (listrik yang tersalur ke rumah). Jika diasumsikan harga jual listrik non subsidi per kwh Rp 1.650, maka Evina Putih ini cukup membayar Rp 7.620 untuk satu kali pengisian.

Acara IJIC 2012 sendiri akan berlangsung hingga minggu (2/12) lusa. Didalamnya terdapat seminar, pameran, competitions dan peragaan. Jika pengunjung ingin menjajal ketangguhan dan kegesitan mobil listrik PLN ini, datanglah ke Sabuga-Bandung.