PLN Bentengi Gardu Induk Dari Banjir

(Jakarta, 27/12) Tidak sedikit area vital milik PLN berada di daerah rawan banjir. Gardu induk misalnya, beberapa tahun lalu banjir melanda gardu induk milik PLN dan menyebabkan korsleting listrik pada beberapa alat didalamnya. Untuk mengantisipasi terjadinya banjir di beberapa gardu induk, PLN berupaya mencegahnya sejak dini.

Direktur Operasi Jawa Bali PLN, Ngurah Adnyana (kiri) memakaikan pelampung kepada Tim Siaga Banjir PLN saat melakukan peninjauan di Gardu Induk Penggilingan

Direktur Operasi Jawa Bali PLN, Ngurah Adnyana (kiri) memakaikan pelampung kepada Tim Siaga Banjir PLN saat melakukan peninjauan di Gardu Induk Penggilingan

Seperti terlihat pada Kamis (27/12), Direktur Operasi Jawa Bali PLN, Ngurah Adnyana, melakukan sidak ke GI penggilingan di Jakarta Timur. Menurutnya, PLN telah melakukan beberapa upaya pencegahan terjadinya banjir di lokasi gardu induk. “Ada 500 titik gardu induk se Jawa-Bali yang berpotensi banjir. Namun kami telah melakukan beberapa pencegahan terjadinya banjir pada 460 titik, upaya pencegahan itu beragam cara bisa membentengi gardu induk dengan tanggul, penyiapan perahu dan penyediaan pompa air serta lainnya,” kata Adnyana.

Antisipasi banjir di gardu induk, ujarnya, setiap tahun terus PLN lakukan. Beberapa diantaranya, meliputi penyiapan instalasi dan gardu-gardu distribusi di berbagai daerah. “Untuk instalasi, kami telah melakukan pembentengan atau membangun tembok yang mengelilingi instalasi, sementara untuk gardu-gardu distribusi yang berada di daerah rawan banjir telah ditinggikan. Setidaknya, PLN telah mengeluarkan Rp 45 miliar untuk penanggulangan banjir ini,” katanya.

Sementara itu, General Manager Pusat Pengatur dan Pengendali Beban (P3B) Jawa Bali PLN Yanuar hakim, mengutarakan terdapat 13 gardu induk lagi yang rawan banjir, salah satunya adalah gardu induk penggilingan. Menurutnya, ada beberapa langkah untuk mengantisipasi banjir di gardu induk yaitu dengan pembuatan tanggul permanen di jalan masuk, penambahan kolam penampungan banjir lengkap dengan pompa air, pengadaan pompa air portable, perbaikan dan leveling saluran air dalam lingkungan GI, dan lainnya.