PLN Dan Sesco Siap Kembangkan Listrik Di Kalimantan

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji (kanan) dan CEO Syarikat Sarawak Electrical Supply Corporation (Sesco) Berhad, Torstein Dale Sjotveit (kiri) menandatangani Perubahan dan pernyataan kembali perjanjian pertukaran daya listrik terkait dengan jual beli daya dan energi listrik dalam semangat kerjasama di antara negara-negara anggota ASEAN, di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Kamis (13/6).

PLN dan SescoBagi PLN sendiri, selain membeli listrik untuk Kalimantan Barat, PLN pun akan menjual (mengekspor) listrik untuk Serawak, jika PLN mempunyai kelebihan daya listrik ketika sejumlah proyek pembangkit listrik skala besar di Kalimantan Barat segera beroperasi. Beberapa proyek kelistrikan yang sedang dibangun di Kalimantan Barat antara lain pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Parit Baru, Kabupaten Pontianak, dengan kapasita 200 MW dan PLTU Tanjung Gundul, Kabupaten Bengkayang dengan kapasitas 200 MW.

Untuk mendukung jual beli listrik dengan Malaysia ini, PLN pun sedang menyiapkan pembangunan transmisi 275 kV dari Sarawak ke Bengkayang. Saat ini, pembangunan transmisi dari Bengkayang ke Singkawang sejauh 60 kilometer sudah tuntas dibangun, tinggal pasang kabel. Dan selanjutnya sedang disiapkan pembangunan transmisi dari Bengkayang ke Ngabang sejauh 90 kilometer.