PRABAYAR INSTAN

General Manager PLN Distribusi Bali Dadan Koerniadipoera secara resmi meluncurkan produk baru “PRABAYAR INSTAN” per 1 Februari 2011 yang lalu. Ini merupakan wujud tekad PLN Distribusi Bali untuk memberikan kepastian pelayanan kepada pelanggan sekaligus memberantas calo listrik. PRABAYAR INSTAN merupakan produk baru PLN dengan tiga kepastian, yakni kepastian kapan menyala; kedua, kepastian pelanggan membayar karena proses pembayaran dilakukan langsung di loket; dan ketiga, kepastian pelanggan tanpa perantara (calo) karena proses permohonan dilakukan langsung oleh pelanggan.

GM Dadan Koerniadipoera menegaskan bahwa PLN terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Oleh karena itu, pelanggan diimbau untuk tidak lagi menggunakan perantara (calo) listrik untuk pengajuan penyambungan baru ataupun tambah daya. “Jelas biaya yang dikeluarkan lebih mahal kalau Bapak dan Ibu menggunakan calo. PLN telah membuat rincian biaya dan itu resmi dari pemerintah, di luar itu biayanya akan lebih besar. Dengan PRABAYAR INSTAN Bapak dan Ibu akan mendapatkan kepastian hari itu juga ketika Bapak dan Ibu mengajukan permohonan’, pesan GM kepada pelanggan yang menyaksikan peluncuran produk tersebut.

PRABAYAR INSTAN berlaku kepada pelanggan yang mengajukan permohonan penyambungan baru atau perubahan daya dan migrasi untuk semua golongan tarif sosial, rumah tangga, bisnis, industri, dan publik dengan daya 450 VA sampai 5.500 VA. Dengan PRABAYAR INSTAN pelanggan tidak lagi disulitkan dengan proses yang berbelit-belit dan memerlukan waktu yang lama. Pelanggan yang mengajukan permohonan cukup dengan membayar biaya penyambungan dan pasti menyala dengan ketentuan penyambungan listrik tanpa perluasan jaringan tegangan ke rumah pelanggan paling lambat 7 hari setelah pendaftaran, 30 hari apabila perluasan jaringan tegangan rendah (perluasan jaringan tegangan rendah maksimum 5 gawang atau 250 meter), dan 90 hari jika memerlukan perluasan jaringan tegangan menengah atau gardu. ”Syaratnya hanya datang ke loket PLN tanpa diwakilkan (calo). Selain itu, kami juga meminta agar pelanggan memberikan data-data yang lengkap dan real di lapangan sehingga prosesnya lebih pasti dan cepat”, ungkap Manajer Rayon Denpasar, I Made Suamba.

Ini merupakan kemudahan baru bagi pelanggan karena prosesnya cepat dan sederhana. GM Dadan Koerniadipoera dalam kesempatan tersebut juga melihat secara langsung proses permohonan pengajuan tambah daya dan pasang baru oleh calon pelanggan hingga ke tahap pembayaran. Calon pelanggan tanpa perantara mengajukan permohonan penyambungan baru dan perubahan daya ke loket PLN dengan ketentuan bangunan sudah jadi. Petugas loket pelayanan memproses data permohonan pelanggan/calon pelanggan, jika memenuhi keriteria laik disambung maka akan diterbitkan Surat Ijin Penyambungan (SIP) dengan rincian biaya-biaya yang dikenakan. Petugas loket akan menerbitkan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) dan jika pelanggan menyetujui maka pelanggan/calon pelanggan menandatangani SPJBTL di atas materai. Selanjutnya, pelanggan menandatangani berita acara kesepakatan antara PLN dengan pelanggan dan membayar biaya penyambungan. Pelanggan tinggal menunggu di rumah dan mendapatkan kepastian listrik menyala.

Launching PRABAYAR INSTAN dilaksanakan serentak di Bali. Berbeda dengan Area Bali Selatan, di Bali Utara sendiri, launching dipusatkan di dua lokasi yakni PLN Rayon Singaraja dan PLN Rayon Negara. “Hal ini dimaksudkan agar gebyar PRABAYAR INSTAN terasa di dua kabupaten tersebut, Buleleng dan Jembrana”, ungkap Manajer Area Bali Utara, Riza Novianto Gustam. Pada kesempatan itu, Manajer Area Bali Utara juga menyampaikan seputar kebijakan PLN saat ini dan juga rencana penggantian kWh meter yg telah berusia di atas 10 tahun dengan kWh meter prabayar.

Sementara itu di PLN Area Bali Timur, launching PRABAYAR INSTAN dipusatkan di PLN Rayon Klungkung karena untuk PLN Rayon Gianyar telah dilaksanakan sejak 28 Desember 2010. Menurut Manajer PLN Area Bali Timur, Denny Hendri Wijaya, masyarakat dan calon pelanggan sangat antusias terhadap produk PRABAYAR INSTAN karena manfaat dan keuntungan prabayar. “Diharapkan semua daftar tunggu di Area Bali Timur saat ini sebanyak 8.850 calon pelanggan dapat dipastikan disambung oleh PLN”, ungkap Manajer Area Bali Timur kepada pelanggan dan mitra kerja yang menyaksikan launching tersebut.