Tinggal Telpon 123, Hindari Calo!!!

Sudah dua tahun, sebut saja Wawan, warga Kabupaten Bandung, menunggu aliran listrik dari PLN. Saat itu ia memberikan uang sebesar Rp 850.000,- kepada seseorang yang mengaku petugas PLN. Wawan mendaftar untuk daya 450 VA. Padahal harga resmi pasang baru listrik prabayar 450 VA adalah Rp 360.500,- (tidak termasuk biaya instalasi dalam rumah, karena instalasi dalam rumah bukan kewenangan PLN). Setelah dua tahun menunggu, terungkaplah bahwa orang yang mengaku sebagai petugas PLN tersebut adalah calo. Mereka biasa memanfaatkan masyarakat yang enggan mengurus sendiri pengajuan pasang baru listrik ke PLN. Dengan iming-iming kepraktisan dan kecepatan _pokoknya si pemesan tahu beres saja_ ia menjanjikan listrik akan tersambung segera. Sayangnya, uang tersebut tidak pernah disetorkan kepada PLN tetapi masuk ke kantong sendiri.
 Praktek calo ini sangat meresahkan. Tidak hanya merugikan masyarakat yang menjadi korban penipuan, tapi PLN pun terkena imbasnya, karena dikira sudah memakan uang tersebut. Untuk mempersempit ruang gerak calo, PLN mengoptimalkan layanan Call Center di nomor 022 123. Di Call Center PLN 123 ini, masyarakat dapat mengajukan permohonan pasang baru ataupun tambah daya dengan prosedur dan harga yang resmi, sesuai TDL 2010. Permohonan pasang baru atau tambah daya masyarakat akan langsung tercatat di sistem informasi pelayanan pelanggan PLN. Setelah itu masyarakat dapat membayar biayanya ke bank atau loket resmi yang ditunjuk PLN. Sehingga dijamin uang yang dibayarkan tidak akan mampir ke saku pribadi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Dan permohonan pasang baru atau tambah daya tersebut pun segera diproses sampai listrik tersambung atau daya bertambah sesuai permohonan. 
 Selain Call Center PLN 123, masyarakat juga dapat mengajukan permohonan pasang baru atau tambah daya yang resmi melalui loket pelayanan pelanggan di kantor PLN terdekat. Perlu digarisbawahi bahwa transaksi dengan PLN hanya bisa dilakukan di loket Bank / mitra Bank yang ditunjuk oleh PLN untuk menerima pembayaran dari pelanggan. Di samping itu pelanggan akan menerima kuitansi berlogo dan berstempel PLN serta ditandatangani oleh pejabat resmi di PLN.    
 Untuk itu PLN menghimbau agar masyarakat tidak mempercayai orang yang mengaku petugas PLN dan meminta bayaran untuk transaksi apapun di luar loket pelayanan pelanggan PLN/Bank/mitra Bank yang bekerjasama dengan PLN. Jika masyarakat ingin mendapatkan sambungan listrik baru, langsung saja hubungi Call Center PLN di nomor 022 123.