PEJUANG-PEJUANG PLN

Listrik Padam! Hujan deras siang itu, beberapa petugas layanan teknik (yantek) PLN dengan mengendarai mobil dinasnya bergegas menuju lokasi. Informasi yang didapat dari petugas Call Center 123 dan dispatcher Banten Selatan menyebutkan banjir mulai merasuk ke wilayah Labuan, Banten.

Warga telah berhamburan di jalan-jalan, orang-orang dewasa menyelamatkan barang-barang, sementara anak-anak ramai mengeksplorasi air gratis yang tercurah mendadak dari langit itu. Terus melewati kerumunan warga, petugas yantek menembus kawasan yang terkena banjir. Tujuan mereka adalah mematikan aliran listrik di beberapa gardu distribusi yang mulai terendam air, agar tidak berakibat fatal. Selain banjir masih banyak lagi penyebab gangguan listrik lainnya misalnya pohon tumbang yang mengenai jaringan, ataupun hewan yang tanpa sengaja mengenai jaringan serta masih banyak gangguan lain yang xseringkali tidak disadari masyarakat dapat menyebabkan gangguan listrik.

Ada pula gangguan Binatang, gangguan ini sering kali menyebabkan gangguan yang tidak bisa di deteksi. Apalagi jika jaringan yang terganggu berada pada lokasi yang sulit dijangkau kendaraan. Akibatnya Mobil yantek terpaksa harus melalui medan yang sulit untuk menemukan penyebab padam.

Layaknya pemadam kebakaran, Mobil-mobil pelayanan teknik selalu siap sedia selama 24 jam Non-STOP untuk memberikan pelayanan terbaiknya. Siang malam, Hujan panas bahkan banjir, tidak menghalangi kegigihan mereka untuk melakukan inspeksi penyebab gangguan ataupun membantu pelanggan yang mengalami gangguan listrik.

Pejuang! Itulah yang rasanya lebih tepat menggambarkan sosok petugas yantek Setelah melewati banjir, dan berhasil memadamkan daerah yang rawan terendam banjir, petugas melanjutkan menyusuri jaringan yang sementara padam untuk menemukan penyebabnya. Sudah tidak terlihat jalan setapak atau apapun, yang petugas lihat hanya alur jaringan saja. Inspeksi, merupakan pekerjaan rutin yang mengharuskan seorang petugas bersusah payah melewati serta menerjang segala medan untuk dapat menormalkan listrik yang terganggu.

 Memang, tidak hanya petugas Yantek yang berusaha keras saat ini. Lini core bisnis lainnya yakni, Niaga pun gencar melakukan sosialisasi. Niaga sebagai bagian dari PLN yang memastikan pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik, berupaya untuk memberikan kemudahan kepada pelanggannya melalui kemudahan transaksi serta informasi kelistrikan melalui call center 123 selain itu saat ini PLN menawarkan Produk Listrik Prabayar dimana banyak memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi pelanggan.

Tidak banyak orang yang mau bekerja pada hari libur, misalnya seperti hari ini. hari sabtu, kebanyakan orang lain sedang bercengkrama dengan keluarganya. Seharusnya petugas pelayanan tidak perlu bertugas hari itu, tapi target yang harus dicapai untuk melistriki masyarakat Jawa Barat dan Banten membuat mereka dengan ikhlas tetap masuk kerja. Berbeda dari Hari biasa, mereka tidak bekerja dikantor hari itu, hari ini mereka bertugas di pusat keramaian. Stand yang dibuka banyak dikunjungi masyarakat yang tertarik atau sekedar tertarik dengan produk listrik yang ditawarkan.

Banyak yang bisa jadikan inspirasi dari pejuang-pejuang PLN ini. Rasanya sangat tidak adil jika masih saja kita memberikan kesempatan kepada ‘oknum’ yang masih saja memanfaatkan nama PLN dan memperburuk citra pelayanan PLN. Padahal, demi pelayanan yang terbaik ini kita harusnya saling bersinergi, saling mewujudkan mimpi PLN DJBB, dan bukan hanya berpangku tangan dan tidak berbuat ‘apa-apa’.