KLP SSM: Peminjaman Jaringan Diperpanjang

BANDAR LAMPUNG (24/6) – Jaringan listrik milik Koperasi Listrik Perdesaan Sinar Siwo Mego (KLP SSM) akan dipinjam PLN selama satu tahun.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekprov Lampung Hanan A. Razak mengatakan kepastian ini sudah dituangkan ke dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani PLN, KLP SSM, dan diketahui Dinas Koperasi Perindustrian dan UMKM Provinsi Lampung, serta disaksikan Deputi Produksi Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Tadinya kan KLP SSM hanya akan meminjamkan jaringan dua bulan sejak masa peralihan. Artinya, akan berakhir 30 Juni 2011 ini. Tapi sekarang sudah ada MoU dan pemakaian jaringan diperpanjang satu tahun,” kata Hanan di Kantor Gubernur, Kamis (23-6).

Hanan menjelaskan walaupun MoU berlaku hingga satu tahun, kontrak sewa-menyewa jaringan milik KLP SSM yang digunakan PLN untuk mengalirkan listrik ke 72 ribu lebih masyarakat di Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Metro, akan diperbarui setiap enam bulan.

Namun, soal kesepakatan awal Hanan enggan menjelaskan karena sudah masuk ke ranah bisnis antara dua pihak.

Mantan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung itu berharap PLN bisa menyelesaikan pemasangan instalasi jaringan listrik yang baru sebelum MoU berakhir sehingga tidak perlu ada perpanjangan kontrak.

“Kami berharap semuanya cepat selesai. Jangan sampai masyarakat yang dirugikan akibat persoalan bisnis kedua pihak,” kata Hanan.

PLN dikabarkan menggelontorkan biaya besar untuk membayar sewa jaringan milik KLP SSM. Biaya sewa yang sempat dilontarkan PLN mencapai Rp1,2 miliar/bulan.

PLN berharap dari nilai tersebut yang dibayar tunai hanya 20%. Sementara 80% diperhitungkan sebagai pembayaran cicilan utang KLP SSM ke PLN yang mencapai Rp11,1 miliar pada April 2011—Mei 2011 dan utang jangka panjang yang mencapai Rp37,9 miliar. (LIN/K-1)

Sumber: Lampung Post