Ayo Beralih ke Listrik Prabayar!

KALIREJO (07/07)– Manajer PLN Ranting Kalirejo, Lampung Tengah, Suwono mengajak warga beralih pada listrik prabayar atau isi ulang. Dengan pemakaian energi listrik menggunakan meter prabayar (MPB) merupakan cara tepat berhemat energi.

’’Menggunakan listrik prabayar, pelanggan dapat mengendalikan listrik sesuai kebutuhan. Ini juga solusi tepat untuk terhindar dari pemutusan aliran listrik,’’ katanya kepada Radar Lamteng (grup Radar Lampung) belum lama ini.

Dengan listrik prabayar, sambung Suwono, konsumen dapat memperoleh berbagai keuntungan. Antara lain, lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik yang disesuaikan dengan anggaran belanja.

’’Kemudian tidak akan terkena biaya keterlambatan, privasi lebih terjaga, jaringan luas pembelian listrik isi ulang, mengubah perilaku untuk hemat energi, dan sangat tepat digunakan bagi yang memiliki usaha rumah kontrakan atau kamar sewa (kosan),” paparnya.

Menurut Suwono, mengenai syarat dan ketentuan pasang baru listrik prabayar adalah calon pelanggan cukup datang langsung ke kantor PLN terdekat, mengajukan permohonan pasang baru listrik prabayar, membawa fotokopi KTP yang masih berlaku, dan rekening listrik tetangga terdekat.

Setelah itu, calon pelanggan menerima surat izin penyambungan terlebih dahulu sebelum membayar biaya pasang baru. Kemudian mempersiapkan biaya penyambungan (BP) meterai, strum awal Rp20 ribu, dan penandatanganan surat perjanjian jual beli tenaga listrik (SPJBTL).

’’Untuk pelanggan lama yang selama ini menggunakan listrik pascabayar dan yang ingin migrasi ke listrik prabayar, syarat dan ketentuannya: pelanggan membawa rekening listriknya ke kantor PLN terdekat, mengajukan permohonan perubahan layanan listrik pascabayar ke listrik prabayar, membawa fotokopi KTP yang masih berlaku, nomor ID pelanggan, dan PLN akan segera memproses bila pelanggan tidak ada tunggakan rekening listrik,’’ bebernya. (rnn/c2/ary)

Sumber: Radar Lampung