Siaran Pers || 29 Mar 2013

PLN Lakukan Perbaikan Menara SUTET Cirebon – Bandung

Bagikan:


(Jum’at 29/3) Sejak hari Kamis 28/3 jam 22.00 WIB PLN melakukan perbaikan dan pemindahan menara (tower) Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kilo Volt (kV) yang rusak di Sumedang, Jawa Barat. Kerusakan tower tersebut akibat adanya pergeseran tanah (landslide) dan tanah sekitar pondasi longsor. Dua tapak tower bergeser mengakibatkan tower bengkok dan rawan roboh. Kondisi ini dipicu oleh tingginya curah hujan dalam beberapa bulan terakhir.

Pekerjaan ini harus dilakukan untuk menghindarkan kerusakan yang lebih parah yang dapat mengganggu penyaluran tenaga listrik. Pekerjaan direncanakan berlangsung hingga tanggal 5 April 2013. SUTET tersebut menyalurkan listrik dari Mandirancan (Cirebon) ke Bandung Selatan. Akibatnya transfer daya dari pembangkit yang ada di wilayah timur Jawa ke wilayah barat (Jakarta dan Jawa Barat) berkurang sekitar 750 Mega Watt (MW).

Kekurangan pasokan listrik ke Jakarta dan Jawa Barat ini diupayakan semaksimal mungkin untuk dipenuhi dengan mengoptimalkan pembangkit yang ada di wilayah barat seperti PLTU Indramayu, PLTU Lontar Tangerang dan PLTU Priok. Pemadaman di sisi pelanggan diupayakan untuk dihindarkan atau diminimalisir dengan memanfaatkan hari libur Jum’at – Minggu tanggal 29-31 Maret 2013 yang tidak ada pemadaman karena beban rendah.

Namun pada hari kerja Senin – Jum’at 1 – 5 April 2013 terpaksa akan dilakukan pemadaman secara bergilir. Setiap pelanggan ada potensi pemadaman sekali saja selama 3 jam dalam periode 1 – 5 April 2013. Hal ini dilakukan karena setelah optimalisasi pembangkit-pembangkit tersebut masih terjadi kekurangan daya sekitar 400 MW di Jakarta dan Jawa Barat.

Pemadaman diatur sedemikian rupa supaya tidak terlalu mengganggu aktifitas masyarakat. Pemadaman di wilayah Jakarta dan Jawa Barat dilakukan secara bergilir dimulai jam 09.00 sampai 21.00 WIB dan masing-masing wilayah hanya 3 jam. Setiap wilayah diatur hanya akan mengalami sekali padam selama masa perbaikan menara SUTET tersebut.

Jadwal pemadaman dapat dilihat di http://www.pln.co.id/?p=7677. PLN mohon maaf atas terjadinya pemadaman ini dan mohon partisipasi pelanggan untuk mengurangi pemakaian listrik di rumah atau kantornya, terutama untuk lampu dan alat elektronik yang tidak diperlukan. Hal ini secara signifikan akan dapat meminimalisir pemadaman.

Menara SUTET

Menara SUTET yang sedang diperbaiki dan dipindahkan lokasinya berada di desa Cikahuripan, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Jawa Barat. Tower pengganti sudah terbangun 80 persen, untuk penyelesaian pekerjaan (finalisasi pembangunan tower, pemindahan konduktor, dan pembongkaran tower lama) membutuhkan delapan hari pekerjaan.

SUTET ruas Mandirancang – Bandung Selatan terdiri dari dua line berfungsi untuk menyalurkan listrik dari timur ke barat wilayah Jawa. Sistem kelistrikan Jawa Bali telah terinterkoneksi melalui kabel SUTET 500 kV yang membentang dari timur ke barat Jawa. Pertumbuhan beban yang tinggi di wilayah barat Jawa menyebabkan konsentrasi beban lebih besar di barat sehingga diperlukan transfer daya dari wilayah timur ke barat.

SUTET ruas Mandirancan – Bandung Selatan terdiri dari dua line dan yang diperbaiki adalah menara untuk line 2. Sehari-hari ruas ini menyalurkan daya listrik dari timur ke barat sekitar 1650 MW untuk mendukung beban yang terus tumbuh di wilayah barat. Dengan perbaikan ini maka satu line Mandirancan – Bandung Selatan tidak beroperasi sehingga transfer daya ke wilayah barat menjadi terbatas.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN
Email : bambang.dwiyanto@pln.co.id

Bimo Samodro
Manajer Area Pengatur Distribusi Jakarta dan Tangerang
Email : Bimo.Samodro@pln.co.id

Hery Santoso
Manajer Area Pengatur Distribusi Jawa Barat dan Banten
Email : hery.santoso@pln.co.id

  Go Top