Siaran Pers || 09 Aug 2017

PLN Listriki 17 Desa Di Hari Jadi Provinsi Riau ke 60

Bagikan:


Pekanbaru 9 Agustus 2017 – Bertepatan dengan hari jadi Provinsi Riau ke 60, PLN memberikan kado berupa pengoperasian listrik di 17 desa yang tersebar di Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kuantan Singigi, dan Kampar.

Gubernur Provinsi Riau Arsyadjulian Rahman mengungkapkan sebelum adanya listrik PLN, banyak penduduk di 17 desa itu mengelola listrik secara mandiri dengan durasi nyala 7 hingga 14 jam setiap harinya.

“Kini mereka sudah bisa menikmati listrik 24 jam penuh berkat usaha PLN,” ujar Arsyadjulian sesaat setelah melakukan penyalaan serentak listrik desa di halaman Kantor Gubernur Riau, Rabu 9/8/2017.

Atas nama warga dari 17 desa itu, Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada PLN dan menghimbau untuk bisa menjaga aset yang PLN bangun agar dapat bermanfaat bagi kehidupan warga di 17  desa yang lebih baik.

Keberhasilan penyalaan listrik desa di Riau adalah buah kerja sama antara PLN dengan Pemerintah Provinsi Riau terutama dalam percepatan pembangunan jaringan transmisi listrik.

Menurut Kepala Divisi Operasi PLN Direktorat Bisnis Regional Sumatera, Supriyadi, awal tahun 2015 Gubernur Riau pernah mengeluh kepada PLN atas kondisi kelistrikan Sumatera yang masih mengalami defisit sehingga PLN belum bisa mengembangkan jaringan listrik hingga ke desa-desa yang belum berlistrik.

“Gubernur menawarkan solusi penyelesaian pembebasan lahan untuk tapak tower 150 kV dan lahan lokasi pembangkit maupun gardu induk. Maka tahun 2016 PLN dapat melakukan percepatan pembangunan infrastrukur listrik, terbukti kini ada tambahan 4 gardu induk untuk Riau,” jelas Supriyadi.

Supriyadi berharap kerja sama yang baik ini terus terjaga agar pembangunan Jaringan 150 kV, 275 kV dan gardu induk  dapat PLN rampungkan dengan cepat guna mewujudkan Riau Terang dan Sumatera Terang di tahun 2019.

Pembangunan listrik desa merupakan amanah negara kepada PLN dalam mewujudkan 100 % ratio desa berlistrik di tahun 2019. Di Provinsi Riau saat ini masih ada 261 desa belum berlistrik. PLN Riau menargetkan sebanyak 99 desa bisa berlistrik di tahun 2017, sisanya di tahun 2018 dan 2019.

“Dengan adanya suplai listrik yang baik tentu akan membantu warga untuk dapat membangun dan meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, anak-anak bisa belajar,  usaha bisnis di desa bisa tumbuh serta perekonomian mulai menggeliat,” pungkas Supriyadi.

Kontak :

Dwi Suryo Abdullah

Manajer SDM Dan Umum PLN Wilayah Riau Dan Kep. Riau

Email. dwisuryo@pln.co.id

  Go Top