Listrik Prabayar

PENJELASAN SEPUTAR LISTRIK PRABAYAR :

 

Apa itu Stroom Steer Listrik Prabayar (LPB) atau Listrik Pintar ?

Adalah layanan terbaru dari PLN dengan berbagai kelebihan dalam mengatur penggunaan energi listrik melalui meter elektronik prabayar. Inovasi termutakhir yang berorientasi pada kenyamanan pelanggan ini merupakan wujud penghargaan kepada Anda pelanggan PLN. Melalui Listrik Pintar, Anda lebih leluasa dalam mengendalikan pemakaian listrik, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.  Dengan Listrik Pintar, menggunakan listrik menjadi Lebih Nyaman dan Lebih Terkendali.

 

Apakah KWH Meter lebih mahal dibanding Listrik Pasca Bayar / Analog ?

Penghitungan KWH Meter Listrik Pintar sama saja dengan KWH Meter Analog karena telah melalui tahap standarisasi Tera (tidak lebih mahal) dan harga Rp/kWh Listrik sudah diatur dalam penyesuaian tarif tenaga listrik melalui Peraturan Menteri ESDM nomor 31 tahun 2014 tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan oleh PT PLN (Persero). Untuk info mengenai penyesuaian tarif tenaga listrik dapat diakses di http://www.pln.co.id/blog/tarif-tenaga-listrik/ . Yang akan menentukan hemat atau boros adalah 100 % perilaku pengunaan peralatan listrik oleh pelanggan.

Serupa dengan telepon, dengan Prabayar cenderung orang akan berhemat, sebaliknya dengan Pascabayar cenderung orang lebih boros karena kurang terkendali.

 

Apa keuntungan Listrik Pintar dibanding Analog ?

–        Pemakaian listrik lebih terkendali

–        Tanpa ada sanksi pemutusan

–        Tanpa dikenakan denda keterlambatan

–        Tanpa Uang Jaminan Pelanggan

–        Tanpa ada pencatatan meter

–        Privasi tidak terganggu

–        Tidak dikenakan biaya beban bulanan

–        Kemudahan pembelian Token / STROOM

–        Pembelian disesuaikan kemampuan.

–        Tidak ada batas masa aktif (aktif selama kWH masih tersisa).

 

Bagaimana Proses Pasang Baru Listrik Pintar ?  

–        Calon pelanggan melakukan pendaftaran

–        Petugas PLN melakukan survey

–        Penerbitan surat persetujuan

–        Calon pelanggan menyampaikan Sertifikasi Laik Operasi (SLO).

–        Calon pelanggan membayar biaya penyambungan dan Stroom perdana

–        Calon pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik (SPJBTL)

–        Petugas PLN melaksanakan penyambungan

–        Lebih mudah jika melakukan pendaftaran melalui http://www.pln.co.id/pbpd/

 

Bagaimana proses Migrasi dari Pasca Bayar Analog ke Listrik Pintar?

–        Pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapi KTP dan denah lokasi

–        Penerbitan surat persetujuan

–        Membayar biaya Stroom perdana

–        Menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik (SPJBTL)

–        Petugas PLN melaksanakan penggantian kWH meter

 

Bagaimana proses Tambah Daya Listrik Pintar?

–                  Sama dengan proses Pasang Baru, kecuali SLO hanya diperlukan bila terjadi perubahan instalasi dalam bangunan. MCB akan diganti. kWH meter akan disetting ulang.

 

Berapa saja nilai voucher Stroom (Token) Isi Ulang yang ada ?

Mulai dari Rp 50.000,- s/d Rp 1.000.000,- dengan kelipatan Rp. 50.000,-

Pembeli Stroom mendapatkan struk berisi 20 digit angka untuk di input ke meteran.

 

Berapa KWH yang diperoleh untuk pembelian Rp 100.000,- ?

Bervariasi sesuai golongan tarif Daya.

 

Apa saja komponen biaya yang ada dalam token?

Stroom (KWH), PPJ tergantung daerah masing – masing  dan biaya Admin sebesar Rp. 3.000,-

 

Apakah ada tanda-tanda bila Stroom Akan habis?

Ada. Berupa bunyi alarm (“bip bip”) setiap menit pada saat tersisa 5 kWh atau diatasnya pada kWh meter.

 

Dimana & Kapan dapat membeli token stroom?

Pembelian dapat dilakukan juga di seluruh Bank/ATM/ outlet – outlet PPOB (Payment Point Online Bank)

 

Dapatkah saya menjadi agen penjual Token Stroom seperti agen- voucher telepon?

Bisa, silakan menghubungi bank – bank yang bekerjasama dengan PLN.

 

Bagaimana bila Token Stroom yang baru dibeli hilang ?

Jangan khawatir, Pelanggan yang kehilangan struk Stroom dan lupa 20 digit angka tetap bisa mendapatkan haknya dengan menghubungi kembali kantor PLN dengan menyebutkan ID Meter pelanggan. Atau anda dapat langsung melakukan pengecekan riwayat pembelian token anda di http://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html

 

Apakah ada tanggal kadaluarsa untuk Token  Stroom yang dibeli ?

Tidak ada tanggal kadaluarsa bagi Stroom yang dibeli.

 

Apakah Token Stroom dapat diisikan pada KWH Meter berbeda ?

Tidak. Token Stroom hanya dapat diisikan pada KWH meter sesuai dengan ID Meter yang disebutkan pada saat pembelian, sehingga tidak dapat digunakan di KWH Meter lain.

 

Apa batasan hak/kewajiban pelanggan terhadap Alat Pengukur dan Pembatas /APP (KWH Meter+ MCB) ?

Yang menjadi batas hak & kewajiban PLN adalah mulai dari instalasi jaringan listrik sebelum APP (kWh meter) sampai APP (kWh Meter). Untuk instalasi setelah APP (kWh meter) menjadi tanggung jawab pelanggan.

 

Bagaimana bila Stroom yang ada belum habis kemudian diisi dengan token Stroom baru?

Akan diakumulasi. Nilai Stroom (KWH) lama tidak akan hilang melainkan bertambah.

 

Bagaimana cara mengisi token stroom?

Masukkan 20 digit angka yang terdapat dalam Struk Token Stroom. Dibaca dari kiri ke kanan sesuai barisnya.

 

Dengan tidak adanya lagi petugas cater, bagaimana pihak PLN mengetahui adanya pencurian listrik di sisi pelanggan?

Setiap transaksi pembelian oleh pelanggan akan tercatat di Sistem PLN dan akan dilakukan analisa pelanggan. Selain itu akan tetap ada pengecekan rutin oleh tim lapangan untuk memastikan kWh Meter beroperasi degan baik.

 

Bila ada masalah Listrik Pintar, kemana saya harus melapor?

Bisa melalui Call Center PLN (kode area) 123