PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA PULAU PURA DIRESMIKAN

KUPANG– Untuk memenuhi kebutuhan pasokan daya listrik di Pulau Pura, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), General Manager (GM) PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur, dan Bupati Alor,  Drs. Simeon T.H Pally, Selasa (23/10) malam, meresmikan PLTS kapasitas 175 kilowatt peak (kWp) di Dusun Dolabang, Desa Pura Barat, Kecamatan Pulau Pura.

PLTS komunal pertama di Kabupaten Alor itu, menempati lahan seluas 3.500 meter persegi, dan dikerjakan menggunakan Anggaran PLN.

Masyarakat Dolabang dan sekitarnya berdatangan menghadiri acara peresmian ini. Hadir pula Manajer PLN Rayon Kalabahi, FX Eka Wijayanto dan Manajer PLN Sub Rayon Pulau Pura, Jemi Liha, serta para kepala desa dan lurah se Kecamatan Pulau Pura.

Saat meresmikan, GM PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Camat dan seluruh masyarakat Pulau Pura atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan kepada PLN, sehingga PLTS dapat diresmikan menjelang Hari Listrik Nasional 2012 yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2012.

“Untuk melistriki seluruh Pulau Pura, PLN mempunyai rencana jangka panjang yang akan dilakukan secara bertahap,” kata Safkaur.

Pembangunan PLTS di NTT, lanjut Safkaur, karena adanya teknologi baru yang menggunakan energy matahari yang tidak akan pernah habis selama Tuhan berkehendak Matahari terbit dari Timur dan terbenam di ufuk Barat. Untuk itulah PLN manfaatkan energi Matahari dan  tidak perlu membangun PLTD lagi, karena minyak dari energy fosil adalah sumber alam yang akan habis.

Kepada Masyarakat yang belum terlayani dengan jaringan PLN yang bersumber dari PLTD dan PLTS, PLN akan melayani dengan lampu penerangan SEHEN (Super Ekstra Hemat Energi)  yang bersumber pada energi Matahari. Kelak setelah ada perluasan jaringan, para pelanggan lampu Sehen akan dimigrasi menjadi sama seperti pelanggan PLN reguler. GM Safkaur berharap agar masyarakat bersama-sama PLN menjaga dan merawat aset PLTS ini agar tetap beroperasi dengan baik, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Bupati Alor, Drs. Simeon T.H. Pally, berterima kasih kepada PLN Wilayah NTT yang sudah memenuhi kebutuhan rakyat Kabupaten Alor, khususnya di Kecamatan Pulau Pura. Bupati Pally menyampaikan selamat kepada seluruh warga Dusun Dolabang, Desa Pura Barat, yang akhirnya bisa menikmati listrik. Bupati berharap listrik yang sudah ada bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang berguna.

Bupati Alor menyampaikan terima kasih kepada PLN Wilayah NTT yang telah memperhatikan Pulau Pura keluar dari kegelapan, walaupun belum semua daerah Pulau Pura diterangi listrik.

“Kehadiran PLTS di Dolabang ini telah memberikan setitik terang bagi masyarakat, yang selama Indonesia merdeka belum menikmati listrik,” kata Bupati Pally.

Menurut Camat Pulau Pura, Aloysius Wakano, S.Sos, jumlah rumah yang ada di Pulau Pura sebanyak 1.171 rumah. Rumah yang sudah berlistrik menggunakan listrik berjaringan hingga saat ini sebanyak 240 pelanggan. Yang mengunakan Lampu SEHEN sebanyak 260 pelanggan. Sisanya masih hidup dalam kegelapan.

PLN Wilayah NTT membangun PLTS dya unit di Kabupaten Alor. Selain di Pulau Pura, juga saat ini sedang dikerjakan PLTS di Nule, Pulau Pantar, dengan kapasitas 250 kWp.