Ini Dia Cara Rekrut Calon Talent PLN P3B JB

cvr-talent  anagementProgram Talent Management tahap keduadiluncurkan secara resmi oleh Direktur Operasi Jawa Bali PLN Ngurah Adnyana dan Direktur SDM & Umum Eddy D Erningpradja di Gedung Serba Guna Kantor Induk, Kamis (10/1/2013). Didampingi GM PLN P3B JB Yanuar Hakim, dengan memukul kentongan program yang bertajuk Leadership for Young Person (LYP) digulirkan disaksikan 60 talent yang siap menggantikan para seniornya.

Program ini bukan merupakan program anyar karena sejak tahun 2007, program untuk menjaring calon pemimpin muda ini direkrut oleh tim khusus yang dituangkan dalam Keputusan GM P3B JB No: 009.K/GM-P3B/2000 tertanggal 5 Februari 2007. Tim Manajemen Karir & Suksesi saat itu dikomandani oleh Djoko Budiarto (kini sudah memasuki masa purnakarya), dan Dedi Ruspendi (kini Manajer SDM PLN Jasdik) sebagai sekretaris.

 

Menurut Yanuar, system perekrutan calon talent diawali dengan mengidentifikasi calon calon oleh atasan langsung kepada pegawai dengan usia dibawah 40 tahun dan diprioritaskan penerimaan pegawai baru atau diangkat sebagai pegawai di tahun 2000 ke atas (red: 2001, 2002 dst). Kemudian disosialisasikan kepada unit-unit dan kantor induk.

 

Setela nama para calon diterima, dilakukan pelatihan Leadership program (saatini tengah dilakukan 10-11 Januari 2013). Para peserta yang telah mengikuti training akan mengikuti proses seleksi lanjutan melalui program project assessment oleh Tim Evaluasi Program dan Pemilihan Kandidat. Jika pada proses tersebut berhasil meraih nilai diatas 75 %, sang talent akan mengikuti proses Assesment Talent. Berdasarkan hasil proses tersebut, mereka akan dikelompokan ke dalam dua jalur. Jalur Pertama, Jalur structural (exective pool) dan jalur kepakaran (expert atau strategic specialis pool). Semua data proses tersebut akan dimasukan kedalam bank data karir PLN.

 

Sementara itu, jika nilai yang diperole dibawah 75 persen, maka diminta untuk melakukan presentasi di depan Komite Appraisal. Jika lulus mereka akan mengikuti program Assesment Talent. Jika gagal mereka akan mengikuti jalur (treck) normal.

 

Project Assesment merupakan program yang terdiri dari tiga tahapan. Pertama Perencanaan Project Assignment yang dilakukan Kandidat Talent yang terkait langsung dengan KPI Management. Kedua Approval Project Assignment oleh Mentor dan terakhir Pelaksanaan Project Assignment.

 

Menurut data yang disampaikan Yanuar, proses pelatihan YLP akan terbagi menjadi 6 gelombang yang akan diselenggarakan di Jakarta (gelombang 1-3), Surabaya (gelombang 4), Yogyakarta (gelombang 5) dan Bali (gelombang 6). Ditargetkan bulan april 2013 mendatang semua program tersebut rampung dilaksanakan. (giri3ono/foto okta-dian)