LAUNCHING ERP EXPANSION PHASE III ROLL OUT SUMATERA SULAWESI GO LIVE CEREMONY IMPLEMENTASI ERP-SAP DEPLOY 1 DI PT PLN (PERSERO) P3B SUMATERA

LAUNCHING ERP EXPANSION PHASE III
ROLL OUT SUMATERA SULAWESI
GO LIVE CEREMONY IMPLEMENTASI ERP-SAP DEPLOY 1
DI PT PLN (PERSERO) P3B SUMATERA

Memasuki bulan Juli, kota yang berjuluk serambi mekah dan bumi Minangkabau mulai di guyur musim hujan, musim dingin pun meliputi periode semester II tahun ini, dengan Kemarin, bertempat di aula PT PLN (Persero) P3B Sumatera di laksanakan nya Launching ERP Expansion Phase III Roll Out Sumatera Sulawesi Go Live Ceremony Implementasi ERP-SAP Deploy 1.
PT PLN (Persero) Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (P3B) Sumatera dan PT PLN (Persero) Wilayah Sumbar meninggalkan sistem bisnis berbasis akutansi yang lama dan siap menerapkan sistem baru yang disebut Enterprice Resourse Planning (ERP)- System Aplication and Product (SAP). Hal itu dikukuhkan dengan kegiatan bertajuk “ Go Live Ceremony Implementasi ERP-SAP Deploy 1 dan AP2T PT PLN (Persero) P3B Sumatera dan PT PLN (Persero) wilayah Sumbar, di aula kantor PLN P3B Sumatera ( 2/7/2012), kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Operasi PLN Indonesia Barat Moch Harry Jaya Pahlawan juga memukul gong tanda dimulainya penerapan ERP-SAP di PT PLN (Persero) P3B dan Wilayah Sumbar.
Pada kesempatan yang sama Hadir Juga Kepala Divisi Transmisi PLN Indonesia Barat Jemjem Kurnaen, Kepala Divisi Akutansi Pajak dan Asuransi PLN Indonesia Barat Beni Hermawan, Kepala Divisi Distribusi dan Niaga PLN Indonesia Barat Oman Sumantri, GM PLN P3B Sumatera Bambang Budiarto, GM PLN Wilayah Sumbar Judi Winardi.
Sistem ERP adalah sebuah terminology yang diberikan kepada sistem informasi yang mendukung transaksi atau operasi sehari hari dalam pengelolaan sumber daya perusahaan, sumber daya tersebut meliputi dana, manusia, mesin, suku cadang, waktu, material dan kapasitas. Sistem ERP dibagi atas beberapa sub-sistem yaitu sistem financial, sistem distribusi, sistem manufaktur dan sistem Human resource. ERP juga sering disebut Back Office System yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan public secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini.
Sementara Harry jaya pahlawan dalam sambutanya menyampaikan bahwa agar sistem ini di dukung oleh semua karyawan PLN serta menunjukkan kompetensi dan kedisiplinannya, kendati ERP bersifat kepada sistem internal mulai dari sistem keuangan, material dan SDM, tapi tidak kalah penting tujuan akhirnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
Semoga dengan penerapan Sistem ERP – SAP di lingkungan PT PLN P3B Sumatera dapat berjalan lancar.