SP BAHAS SISTEM ERP DI RAPIMDA

DSC_1394Serikat Pekerja PT PLN (Persero) P3B Sumatera  tak henti hentinya berjuang mengedepankan hak pegawai, Serikat pekerja yang bertugas menampung dan menyaluran aspirasi pegawai, memperjuangkan kepentingan pegawai dan keluarganya dalam menghadapi masalah hubungan industrial, juga merupakan sebagai wahana peningkatan professionalism pegawai dan menyusun kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan hak dan kewajiban kepegawaian serta  syarat syarat yang dituangkan ke dalam Kesepakatan Kerja Bersama (KKB) atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang dibuat bersama sama antara perusahan yang diwakili manajemen dan pegawai yang diwakili oleh serikat pekerja.

Adalah  Serikat Pekerja PT PLN (Persero) P3B Sumatera yang menjadi wadah bagi pegawai PT PLN (Persero) yang tersebar mulai dari Nangroh Aceh Darussalam sampai ke provinsi Lampung untuk menyampaikan aspirasi dan keluh kesah mereka.  Organisasi SP PT PLN (Persero) P3B Sumatera yang sudah berdiri sejak tahun 2005 ini hampir beriirngan dengan lahirnya P3B Sumatera sendiri. Terhitung sampai dengan tahun 2012 ini organisasi SP sudah menginjak usia ke 7 tahun, dalam usia 7 tahun ini SP semakin memperbaiki ke organisasianya dalam wadah organisasi yang sejatinya, mulai dari pembentukan DPD (Dewan Pimpinan Daerah) sampai ke DPC  (Sewan Pimpinan Cabang). DPC seniri tersebar mulai dari UPT Banda Aceh sampai Ke UPT Tanjung Karang yang dipimpin oleh seorang ketua terpilih berdasarkan pemilihan.

Sama halnya dengan DPD (Dewan Pimpinan Daerah) SP PLN P3B Sumatera, DPD sendiri dipegang oleh Ketua  yakni Syafruddin Perkasa Alam.  DPD Bersekretariat di kantor induk P3B Sumatera di padang yang juga membawahi DPC DPC Tersebar.

Tepat tanggal 22 dan 23 Oktober 2012 kemarin, serikat pekerja PT PLN (Persero) P3B Sumatera melalui DPD melaksanakan RAPIMDA (Rapat Pimpinan Daerah) yang bertempat di Pekanbaru, rapat yang berlangsung s elama 2 hari tersebut dihadiri secara langsung oleh Ketua DPD SP (Syafruddib PA ) Beserta Ketua masing masing DPC dan anggota SP lainnya. Tujuan dari Rapat tersebut adalah membahas masalah perubahan sistem pemabyaran manual ke sistem online (ERP ESS). Selama ini sistem pembayaran gaji, bonus  terlebih SPPD dilakukan secara manual melalui approval lewat secarik kertas, namun sejak di launching nya ERP bulan 1 Juli 2012 kemarin sistem pembayaran khususnya SPPD berubah ke sistem online. Sistem pemabyaran online ini sendiri dinilai pelaksanaanya merugikan sebagian  besar  Pegawai PLN.

Banyak pegawai yang merasa resah dengan sistem pembayaran online ini, sehingga membuat Serikat Pekerja berinisiatif mencari solusi terbaik dan mengatasi masalah tersebut.  Atas dasar pembayaran SPPD yang dinilai merupakan hak pegawai dalam menjalankan tugas kewajiban dalam perusahaan PT PLN P3BS , Sering mengalami keterlambatan sehingga perusahaan berhutang kepada pegawai, sekaligus juga restitusi biaya pengobatan sering mengalami keterlambatan juga.  Maka atas dasar ini lah DPD SP mengadakan RAPIMDA guna menyelesaikan masalah tersebut.

Rapat tersebut berlangsung cukup alot, banyak komentar dan pendapat pendapat yang berbeda dalam keputusan, ada yang mengutarakan pendapat bahwa mereka setelah 1 minggu sampai 2 minggu belum juga menerima imbalan SPPD setelah tugas SPPD dilaksanakan, ada juga yang mengeluh mengenai pembayaran biaya pengobatan yang terlalu lamban dan prosedur yang bertele tele.

Dan berdasarkan hasil rapat tersebut, maka di utarakan lah beberapa usulan  diantaranya :

  1. Pembayaran SPPD maksimal 2 (dua) hari setelah usulan dibuat di ESS
  2. Biaya SPPD untuk pegawai level 3 diabyar sebelum pegawai melaksanakan tugas
  3. Memberikan saksi/teguaran kepada pejabat terkait yang tidak menyegerakan proses approval SPPD.
  4. Penggantian biaya restitusi maksimal 5 (lima ) hari kerja sudah dibayarkan
  5. Memebrikan kompensasi kepada pegawai non-shift yang bekrja pada hari libur (sabtu/minggu/hari besar) tanpa sppd.

 

Dan usulan kesepakatan ini segera diteruskan ke General Manager PT PLN (Persero) P3B Sumatera, dan kita berharap semoga semuanya akan lebih baik.

Pada hari yang sama juga dilaksanakan pelantikan ketua  DPC SP Pekanbaru yang baru, yakni serah terima dari PLT Ketua DPC SP syukri faisal ke ketua terpilih Amirzan, pelantikan ini secara langsung dilaksanakan oleh Ketua DPD SP (Syafruddin PA) disaksikan oleh Ketua DPC SP lainnya dan Anggota Anggota SP lainnya. Selamat kepada bapak Amrizan,s emoga SP Pekanbaru semakin jaya dan selalu bisa mengayomi anggota anggota SP dalam permasalahan apapun.