ORIENTASI TENTANG ARUS PENDEK LISTRIK

Berlatar belakang maraknya peristiwa kebakaran akhir-akhir ini, dimana seringkali media massa memberitakan bahwa penyebab kebakaran tersebut adalah korsleting (hubungan arus pendek) listrik, hal ini mengundang reaksi PLN untuk menjelaskan kepada masyarakat luas khususnya terkait dengan keandalan peralatan listrik  di instalasi rumah tangga, sebagai bentuk pencegahan kebakaran.

Bertempat di Laboratorium Tegangan Tinggi PLN Puslitbang, Jl Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada hari Kamis, 9 Agustus 2012, dilaksanakan orientasi terhadap wartawan cetak dan elektronik mengenai arus pendek listrik, sehingga media diharapkan memberitakan suatu peristiwa, terutama mengenai kebakaran secara proporsional.

Hadir dalam kesempatan ini adalah Kepala PLN Puslitbang, Manajer Senior Komunikasi PLN, Kepala Divisi Niaga PLN , Deputy Manajer OperasiPLN Disjaya  dan Deputy Manajer PLN Disjaya dengan mengundang sekitar 26 wartawan cetak dan elektronik.

Sesuai penjelasan Deputy Manajer Komunikasi PLN Disjaya, bahwa hubungan arus pendek listrik yang menyebabkan kebakaran banyak disebabkan oleh kelalaian konsumen diantaranya berupa pemakaian instalasi listrik yang tidak sesuai standar PLN, pencantolan alat-alat listrik yang sembarangan, penumpukan kabel pada saklar listrik, pencurian, dan sebagainya.

Karena instalasi listrik yang dipasang di rumah-rumah tangga telah dilakukan pengujian layak pakai yang dilaksanakan di PLN Puslitbang, hal ini sesuai penjelasan Kapuslitbang, bahwa alat-alat listrik yang baik dan sesuai standar PLN adalah terdapat label LMK atau SNI.