Arus Listrik Diputus Akhir Tahun

PELANGGAN NUNGGAK PEMBAYARAN

METRO RIAU – 15/12/2011 – Hal.17

DURI – Menjelang akhir tahun 2011, PT PLN Ranting Duri kembali menghimbau para pelanggannya untuk segera melunasi tunggakan listrik. Pasalnya, terhitung 20 Desember para petugas PLN akan mendatangi langsung rumah pelanggan yang menunggak dan memutuskan sambungan listrik.

” Pemutusan akan dilakukan mulai tanggal 20 Deesember nanti, kepada pelanggan yang menunggak pembayaran rekening listrik 1 bulan dan 2 bulan. Yang satu bulan tunggakan hanya kena pemutusan sementara, ” tegas Manajer PT PLN Ranting Duri, Arisman kepada Metro Riau, Rabu (14/12) di ruang kerjanya.

Menurut Arisman, tidak ada alasan lagi kepada pelanggan yang menunggak saat dilakukan pemutusan. Sebab dari tunggakan tersebut, PLN juga sudah memberikan tenggang waktu pembayaran untuk melunasi tagihan. ” Kita sudah berikan toleransi, jadi tidak ada alasan lagi pelanggan untuk menunda pembayaran, ” tambahnya.

Pemutusan sambungan arus atau pembongkaran meteran ini dilakukan PT PLN Ranting Duri dengan tujuan untuk membuat pelanggan lebih disiplin dalam menunaikan kewajiban membayar rekening listrik. ” kalau tidak tegas, daftar pelanggan yang menunggak tentunya akan semakin banyak. Ini sudah masuk akhir tahun, makanya kita buat sikap tegas, ” tutur Arisman.

Penyebab Listrik Byar Pet

Sementara itu, Manager PLN Ranting Bengkalis, Yusuf Hadiyanto MSI memaklumi ketidaknyamanan pelanggan PLN, Khusus pada hari Selasa (13/12) lalu. Pemadaman yang terjadi, kata Yusuf, murni gangguan pada panel kontrol PLTD dan tidak ada kaitannya dengan pembukaan Plaza Laksamana yang dilakukan pada hari itu.

” banyak yang bertanya dan bahkan menghubungi saya terkait pemadaman itu, apakah ada kaitannya dengan Plaza Laksaman. Saya jelaskan, tidak ada kaitannya sama sekali. Plaza Laksaman sejak Juni 2011 sudah menjadi pelanggan PLN dan pemakaian daya oleh Plaza sudah diuji cobakan jauh hari sebelumnya bahkan dilakukan beberapa kali, tak ada persoalan, karena daya yang dipakai tidaklah besar, “ujar Yusuf pada wartawan, Rabu (14/12).

Dikatakan Yusuf, Daya yang dipergunakan oleh Plaza Laksaman hanya 1297 KVA, sedangkan saat ini PLN Bengkalis surplus daya sebesar 1 MW. ” Daya yang tersedia masih surplus 1 MW sedangkan yang digunakan Plaza hanya 197 KVA, jadi tak ada hubungan pemadaman dengan penggunaan daya oleh Plaza, terangnya.

Pagi Rabu, kata Yusuf, pihaknya baru menemukan titik persoalan sehingga listrik padam. Ditemukan gangguan pada panel Kontrol PLTD, dan sudah dilakukan perbaikan. ” Setelah kita temukan apa persoalannya, langsung kita gesa untuk lakukan perbaikan. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini, kami berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayan terbaik, ” ungkap Yusuf. *