PLN Bersedia Ganti Rugi Jutaan Rupiah

# JIKA LISTRIK PADAM

JAKARTA - PT PLN (Persero) bersedia dikenakan denda ratusan juta rupiah apabila dalam penjualan listrik massive (premium service) terjadi pemadaman.
Direktur Perencanaan dan Manajemen Resiko PLN Murtaqi Syamsudddin mengungkapkan, PLN mulai memerlukan penjualan commisioning sebesar 80 MVA dengan tarif khusus sekira USD9 sen.
” Beberapa ada yang sudah mau tahun ini seperti perusahaan semen dan perusahaan ban, ” kata dia saat ditemui dalam acara penandatangani di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (17/2/2012).
Secara teknis, PLN akan menjamin pasokan listrik untuk pelanggan yang sangat kritis dan jumlahnya sangat besar sehingga pasokannya tetap aman, ” dan ada skema jaminan. Kalau misalnya PLN padam, di denda besar sekali bisa sekira ratusan juta rupaih. per sekali padam, ” ujarnya.
Dia mengatakan, jika semua perusahaan mengklaim kerugian akibat padamnya pasokan listrik, maka PLN akan didenda satu persen dari rekening pembayaran setiap bulannya.
” Ini sama. sekali padam satu persen setiap bulan. Misalnya mereka sudah menyatakan rugi kita kena denda, ” tegasnya.
Lebih lanjut, Murtaqi menambahkan pihaknya tidak menargetkan total premium service yang dikejar PLN tahun ini. ” Ginilah kita enggak bisa menargetkan, itu kan tergantung kesepakatan antara PLN dengan industri lainnya. Kita hanya mengikuti saja, ” pungkasnya (mrt) (rhs)