SMUK Online Mengukur Kinerja Karyawan Secara Obyektif Transparan Dan Berkeadilan

SMUK (Sistem Manajemen Unjuk Kerja) Online merupakan sistem yang berfungsi memantau kinerja para pegawai agar lebih terukur sehingga tercapai tujuan perusahaan dan optimalisasi SDM, dalam hal penerapan manajemen SDM Berbasis Kompetensi.
 
Untuk menciptakan pemahaman bersama mengenai SMUK online, selama beberapa hari, tim sosialisasi SMUK Online PLN Sultanbatara melakukan sosialisasi dari bidang satu ke bidang lainnya, dan dari unit satu ke unit lainnya mulai Kamis 17 Maret hingga Senin 25 Maret. 
 
Dalam sosialisai tersebut dijelaskan bahwa sosialisasi ini sebagai upaya edukasi sekaligus penyampaian mengenai Penerapan SMUK Online agar para pegawai lebih memahami dan mengerti tentang aplikasi baru tersebut.
SMUK Online ini bertujuan, untuk memotivasi pegawai dalam meningkatkan kompetensi dan kontribusinya, sekaligus  menjadi pedoman untuk mengevaluasi unjuk kerja pegawai  secara lebih transparan, terukur dan obyektif serta tepat waktu dan berkeadilan sehingga perusahaan dapat memberikan kompensasi atau  penghargaan yang sesuai unjuk kerja pegawai selama bekerja dalam kurun waktu satu semester.
 
Dalam sosialisasi tersebut, dijelaskan pula mengenai waktu penginputan ke sistem, dimulai sejak tanggal 14 Maret sampai dengan 25 April, dimana sistem akan tertutup secara otomatis setelah batus waktu yang ditentukan tersebut. Karenanya karyawan harus cepat menginput pencapaian ke sistem, dan disarankan mengecek email setiap saat, mengingat penerapan SMUK Online ini memiliki sanksi pengurangan apabila ada tahapan yang tidak dilaksanakan, misalnya tidak melakukan pemilihan kandidat multi sumber, dll.
 
Sementara itu, pelaksanaan penilaian unjuk kerja pegawai dengan sistem SMUK Online dilakukan beberapa tahapan diantaranya : 
-Tahap perencanaan unjuk kerja pegawai
-  Approval/pengesahan atasan
-  Revisi perencanaan unjuk kerja
-  Approval atasan terhadap revisi SMUK
-  Pemilihan kandidat
-  Penilaian multi sumber
-  Input pencapaian sasaran indivisdu
- Approval / pengesahan atas pencapaian sasaran
 
Dalam SMUK Online tersebut, atasan dan staf masing-masing memiliki tugas.  Adapun tugas atasan : menginput perencanaan unjuk kerja, approval perencanaan unjuk kerja staf, merevisi SMUK bila ada, memilih kandidat, menjadi multi sumber, menginput pencapaian unjuk kerja, approva pencapaian SMUK staf.  Sementara itu, tugas staf :  menginput perencanaan unjuk kerja, approval perencanaan unjuk kerja staf, merevisi SMUK bila ada, memilih kandidat, menjadi multi sumber, menginput pencapaian unjuk kerja.   Selamat mengikuti penialain SMUK Online, dan mari kita bekerja secara profesional.