273 Lulusan Sarjana dan Diploma Ikuti Tes Psikologi Rekrutmen Pegawai PLN 2011

Sebanyak 273 orang lulusan S1/D4 dan D3 mengikuti Tes Psikologi dan Diskusi Kelompok Rekrutmen Pegawai PLN tahun 2011 yang berlangsung di Aula Politeknik Negeri Ujung Pandang pada Sabtu- Minggu (25-26/06).

Peserta tersebut merupakan 914 pelamar se-Sulawesi, Kalimantan, NTT, NTB, Maluku dan Papua yang berhasil lolos pada seleksi sistem gugur sebelumnya, yaitu uji administrasi, GAT (General Aptitude Test), tes Akademik dan bahasa Inggris.

Rekrutmen pegawai yang gencar dilakukan PLN sejak beberapa tahun terkahir, selain dimaksudkan untuk mengganti banyaknya sumberdaya manusia (SDM) yang pensiun, juga untuk mengimbangi perkembangan organisasi dengan dibangunnya sejumlah unit baru.

Seperti biasanya, untuk mendapatkan calon pegawai yang berkualitas, memiliki soft competency sekaligus hard competency yang baik, PLN melibatkan konsultan profesional dengan menyelenggarakan rankaian tes mulai dari seleksi berkas administrasi, GAT, tes Akademik dan bahasa Inggris, Psikotes, tes Kesehatan dan Wawancara.

Psikotes merupakan salah satu tahapan tes yang harus dilalui yang dimaksudkan untuk mengetahui potensi peserta (aspek intelegensi, sikap kerja, dan kepribadian) sebelum mengikuti rangkaian tes selanjutnya. Sementara diskusi kelompok dimaksudkan untuk mengetahui aspek kepemimpinan, kontak sosial, kemampuan berkomunikasi dan stabilitas emosi. Tes ini terselenggara sebagai kerjasama antara PLN dengan konsultan dari Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Dalam proses rekrutmen ini, panitia berpesan kepada peserta agar bekera sendiri penuh percaya diri tanpa terpengaruh pihak lain dan menegaskan bahwa tes rekrutmen ini independen, jangan percaya bila ada orang yang menawarkan atau mengiming-imingi sesuatu terkait proses rekrutmen.

Rencananya hasil tes Psikologi dan Diskusi Kelompok ini akan diumumkan pada awal Juli 2011 melalui papan pengumuman PLN Kanwil Sulselrabar, papan pengumuman Politeknik Negeri Ujung Pandang, papan pengumuman Unhas, website www.pln.co.id/sulselrabar dan website www.poliupg.ac.id. Bagi peserta yang lulus akan mengikuti tes lanjutan yaitu tes Kesehatan, juga dengan sistem gugur yang direncanakan akan dilaksanakan pada pertengahan Juli 2011.

Tes Wawancara Calon Mahasiswa Kelas Khusus PNUP- PLN 2011/2012

 Senin (27/06) pk. 08.00 WITA di ruang Multimedia Politeknik Negeri Ujung Pandang akan dilaksanakan tes wawancara calon mahasiswa D3 kelas khusus kerjasama Poltek Negeri Ujung Pandang dengan PT PLN (Persero) Tahun Ajaran 2011/2012.

Dari 594 pendaftar, dan telah mengikuti rangkaian tes akademik, psikotes dan kesehatan, tersisa 21 orang calon mahasiswa yang akan mengikuti tes wawancara. Direktur PNUP Dr. Pirman M.Si menyatakan bagi peserta yang tidak mengikuti tes wawancara pada waktu yang ditentukan maka dinyatakan mengundurkan diri.

Kerjasama antara PNUP dengan PLN kelas khusus ini merupakan pelaksanaan tahun kedua sebagai tindaklanjut dari MOU tahun 2010. Bagi mahasiswa kelas khusus dengan IPK ≥ 2,75 akan melaksanakan OJT (On The Job Traning) pada semester VI di lingkungan PLN dan mendapatkan uang saku. Bagi mahasiswa peringkat 1 sd 3 akan mendapatkan fasilitas lain berupa beasiswa dari PLN.