NAIK DAYA GRATIS MASIH BERLAKU SAMPAI JUNI

Program naik daya 450 VA ke 1300 VA dan 2200 VA serta 900 VA ke 1300 VA dan 2200 Va masih berlaku gratis hingga Juni 2011. Program ini ditawarkan bagi seluruh pelanggan PLN daya 450 VA dan 900 VA, namun diutamakan bagi pelanggan dengan jam nyala tinggi. Melalui program ini diharapkan bisa membantu para pelanggan dengan jam nyala tinggi namun memiliki keterbatasan daya atau keterbatasan ekonomi untuk melakukan perubahan daya ke kapasitas yang lebih tinggi.
Program naik daya gratis ini tidak hanya berlaku di Sumatera Barat, melainkan se-Indonesia karena kebijakan tersebut dikeluarkan oleh PLN pusat. Alasan naik daya digratiskan untuk biaya tersebut di atas karena banyak temuan dimana pelanggan 450 VA dan 900 VA dengan jam nyala lebih dari 600 jam per bulan. Setelah dilakukan pengecekan ternyata banyak yang memperbesar MCB secara tidak sah. Ketika ditertibkan dan diminta tambah daya, pelanggan tersebut kesulitan dengan besarnya biaya penyambungan. Berkaca pada realita tersebut maka PLN berusaha mencari solusi dan jawabannya adalah program naik daya gratis ini. Hal tersebut diungkapkan oleh DM Komunikasi & Hukum PLN Wilayah Sumbar, Ridwan, saat diwawancara tanggal 12 April 2011 yang lalu.
Untuk daya 450 VA tidak digratiskan kalau naik daya ke 900 VA karena sasaran utama PLN adalah menertibkan yang jam nyalanya lebih dari 600 jam per bulan. Kalau pelanggan 450 VA jam nyalanya lebih dari 600 jam per bulan, maka diasumsikan untuk daya 900 VA juga tidak akan cukup, sehingga tetap saja akan terjadi trip. Atas dasar itu maka naik dayanya langsung saja ke 1300 VA atau 2200 VA. Sementara pembatasan gratis hanya sampai dengan 2200 VA karena kalau si pelanggan mau naik daya ke 3500 VA berarti pelanggan tersebut dipandang sebagai orang yang mampu secara finansial sehingga tidak perlu mendapat prioritas gratis, lebih baik dialihkan kepada yang lebih layak.
Ridwan menghimbau kepada para pelanggan dengan daya 450/900 VA untuk tidak menyia-nyiakan program naik daya gratis ini. Syarat yang berlaku juga tidak sulit, pelanggan cukup membawa KTP dan rekening pembayaran yang sebelumnya. “Berhubung program ini masih berlaku sampai Juni, masih ada waktu,mari mafaatkan kesempatan yang ada. Untuk informasi yang lebih jelas pelanggan bisa menghubungi kantor pelayanan PLN terdekat”,himbaunya.