ERP Untuk Kesamaan Proses Bisnis

Peserta tampak serius mengikuti Meeting Kick Off Roll Out ERP

Meeting Kick Off Roll Out Enterprise Resources Planning (ERP) perdana di PLN Sumbar berlangsung hari ini, Kamis / 17 Desember 2011. Pertemuan yang dihadiri oleh Tim ERP Pusat dan Konsultan, Manajemen Sumbar, serta staf SDM & Keuangan baik di kantor induk maupun kantor cabang ini berlangsung dengan hangat karena antusias pesertanya.

General Manager PLN Sumbar, Judi Winardi, menyampaikan bahwa Sumbar dipilih untuk project kick off roll out ERP karena diinventarisir dari segi software dan hardware dianggap mampu. Beliau juga berharap dengan arahan dari Tim ERP Pusat serta konsultan, Sumbar dapat menerapkan ERP tepat pada waktunya.

Sementara Kadiv Akuntansi & Pajak PLN, Benny Hermawan, berharap dengan ERP seluruh PLN akan memiliki cara kerja yang relatif sama dimana proses bisnis berbasis IT. Tujuan dari ERP ini sendiri adalah menyamakan proses bisnis, mempermudah kontrol, dan akuntabilitas.

Kegiatan yang akan berlangsung seharian ini akan dibagi dalam 2 (dua) sesi, yaitu : sesi pertama adalah spesialisasi yang dilakukan oleh konsultan dan sesi kedua adalah komunikasi dengan tim manajemen untuk stakeholder expectation.

ERP ini memang seharusnya sudah lama diimplementasikan mengingat di Jawa sudah berjalan sejak tahun 2005, namun akan ada perbedaan sistem implementasi di Jawa dengan Sumatera. Kalau di Jawa sebelumnya harus dengan perubahan secara bertahap, di Sumatera diharapkan akan berlangsung dengan cepat. Kalau berjalan sesuai dengan rencana, maka go live ERP PLN Sumbar akan berjalan pada bulan Juli 2012 bersamaan dengan PLN Riau dan P3BS.