CONTACT CENTER PLN 123 SEBAGAI UPAYA PLN TINGKATKAN PELAYANAN

PT PLN (Persero) senantiasa bekerja keras untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Melalui upaya-upaya yang dilakukan agar kualitas semakin baik, PLN berharap pelanggan semakin dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan yang didapatkan. Pada hari Minggu tanggal 11 November 2012 PLN kembali menyebarkan informasi secara besar-besaran kepada masyarakat melalui Launching Contact Center PLN 123 untuk Wilayah Sumbagsel (Sumatera Bagian Selatan).

Launching Contact Center PLN 123 oleh Direksi PT PLN (Persero) dilaksanakan di Kota Palembang tepatnya di Palembang Trade Center. Launching ini disaksikan oleh para General Manager PLN yang termasuk dalam wilayah Sumatera Bagian Selatan, yaitu : PLN S2JB (Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu), PLN Lampung, PLN Bangka Belitung dan PLN Sumatera Barat.

Serentak dengan kegiatan tersebut, PLN Sumatera Barat yang termasuk dalam kegiatan ini turut melaksanakan launching yang dilaksanakan di Plaza Andalas. Saat kegiatan launching berjalan dijalankan juga live demo melalui teleconference dengan Palembang. Manajer SDM & KHA PLN Sumbar, Sugeng Budiyanto, menyampaikan bahwa kegiatan Launching yang mengambil tempat keramaian ini penting karena masyarakat sebaiknya mengenal Contact Center PLN 123 ini sehingga masyarakat bisa memanfaatkan layanannya dan mempermudah langkah yang ditempuh untuk mendapatkan pelayanan.

Latar belakang diluncurkannya Contact Center PLN 123 ini karena adanya tuntutan memberi pelayanan yang lebih baik. Selain itu PLN juga berharap melalui layanan ini, semakin kecil kemungkinan pelanggan berhubungan dengan oknum atau calo yang tidak sejalan dengan komitmen PLN untuk menegakkan ILP (Integritas Layanan Publik).

Beberapa manfaat yang didapat melalui layanan Contact Center PLN 123 adalah : Pelanggan dapat dilayani melalui berbagai media dari mana saja selama 24 jam, Kualitas layanan masing-masing unit PLN dapat dievaluasi dengan mudah karena menggunakan format laporan yang seragam, Permohonan Pasang Baru dan Perubahan Daya dapat dilakukan secara online melalui Contact Center PLN 123, Unit PLN dapat dengan cepat memperbaiki layanan karena evaluasinya lebih mudah dilakukan, Pengawasan yang ketat dari internal dan eksternal, dan dapat meningkatkan citra pelayanan.

Untuk PLN Sumatera Barat, layanan contact center PLN 123 ini bisa diakses untuk meliputi wilayah kerjanya yaitu : Padang, Pariaman, Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh, Batusangkar (Kabupaten Tanah Datar), Lubuk Sikaping (Kabupaten Pasaman), Kabupaten Sijunjung, Kota Solok, Kabupaten Solok Selatan, Alahan Panjang (Kabupaten Solok), Kabupaten Pesisir Selatan, Painan, Balai Selasa, Kabupaten Agam, Tua Pejat (Kabupaten Kepulauan Mentawai), serta Kersik Tuo dan Sungai Penuh yang merupakan Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi.

Berbagai informasi dan pelayanan bisa didapatkan pelanggan melalui layanan contact center PLN 123 baik berupa pengaduan teknis mencakup informasi pemadaman dan informasi gangguan sistem maupun pengaduan non teknis yang mencakup penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, mutasi dan informasi rekening. Untuk menghubungi contact center PLN 123 bisa dilakukan melalui telepon rumah dan langsung menekan 123 atau melalui telepon seluler dengan menekan kode area terlebih dahulu dilanjutkan menekan 123.

Sebelum melaksanakan launching, berbagai persiapan sudah dilakukan oleh tim contact center PLN 123 untuk kelancaran prosedur nantinya. Persiapan tersebut dimulai dengan sosialisasi, pelatihan user baik di kantor induk maupun di unit-unit pelayanan, pendampingan operasional, dan selanjutnya go live.

Sejalan dengan kegiatan launching, PLN Sumbar terus melakukan sosialisasi produk-produk layanan lainnya dengan menggunakan maskot Hemat Listrik yaitu boneka-boneka Bijak Listrik yang membagi-bagikan brosur dan sticker. Melalui sosialisasi seperti ini diharapakan PLN semakin dekat dengan pelanggan.