PLN Luncurkan PLN Corporate University

JAKARTA РPT PLN (Persero) melalui PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PLN Pusdiklat) luncurkan PLN Corporate University, guna mempersiapkan potensi anggota perusahaan yang tidak hanya kompeten, namun juga beyond professional.

PLN Corporate University tersebut diresmikan oleh Meteri BUMN Dahlan Iskan bersama Direktur Utama PLN Nur Pamudji di kantor PLN Pusadiklat Jakarta Rabu (14/11).

Nur Pamudji mengatakan, Corporate University ini merupakan satu alat strategik PLN guna mengintegrasikan semua sumberdaya pembelajaran, proses dan orang di perusahaan, sehingga memungkinkan terwujudnya kinerja terbaik dengan terus menerus meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku orang dalam lingkungan ekosistem bisnis.

Layaknya sebuah university kata dia, PLN akan menciptakan iklim atau suasana pembelajaran yang diperlukan oleh setiap insan secara proaktif dalam rangka memberikan kontribusi yang optimal bagi kemajuan korporat.

“Salah satu peran dari PLN Corporate University adalah menselaraskan kebutuhan korporat dengan kebutuhan pembelajaran melalui sistem informasi yang terintegrasi. Melalui implementasi PLN Corporate University ini, PLN akan terus mendorong munculnya para pemimpin-pemimpin PLN masa depan yang profesional, selanjutnya saya berharap akan semakin banyak orang-orang PLN yang memiliki sertifikat atau kompetensi nasional dan internasional,” ujar Pamudji.

Dengan adanya PLN Corporate University ini lanjut Pamudji, PLN tidak cukup fokus pada pembelajaran pegawainya yang mencapai 40 ribu orang ditambah tenaga outsourcing yang mencapai 70 ribu orang, namun juga harus diperluas sampai pelanggan, pemasok, dan masyarakat.

“Pengelolaan pembelajaran di PLN saat ini sudah jauh berbeda dengan dahulu, saat ini sudah menjadi organisasi pembelajar yang sangat tertata, sangat maju, dan memiliki sistim informasi yang modern dan dapat diakses oleh seluruh pegawai. Pengembangan kompetensi tenaga kerja outsorcing juga akan menjadi perhatian PLN,” terangnya.

Sementara itu, Kepala PLN Pusdiklat, Suharto mengatakan, institusinya sudah berbenah diri melakukan standarisasi program-program pembelajaran, dan menselaraskan pembelajaran dengan program-program sertifikasi kompetensi terakreditasi, serta meningkatkan profesionalisme para pengelola pembelajaran.

“Berdasarkan hasil customer voice PT PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan, saat ini ekspektasinya sudah bergeser pada sertifikasi dan akreditasi (recognition). Guna mendukung PLN Corporate University, PLN Pusdiklat akan memberikan nilai-nilai baru kepada pelanggannya, yaitu Simple, Inspiring, Performing, dan Phenomenal dalam rangka mewujudkan the centre of excellence in learning,” ungkap Suharto.

Corporate University ini tambah suharto merupakan sebuah engine yang mentransformasikan strategi bisnis PLN ke dalam program-program diklat atau assessmen, untuk peningkatan kualitas kepemimpinan, peningkatan kompetensi, dan menumbuhkan budaya berkinerja tinggi.

Saat ini, beberapa unit pendidikan dan pelatihan (udiklat) PLN telah bertansformasi menjadi academy. Beberapa diantaranya, setup Transmission and Live Line Maintenance Academy yang dipusatkan di Udiklat Semarang, dan Distribution Academy yang dipusatkan di Udiklat Pandaan.

Rencananya, Power Plant Academy akan dipusatkan di Udiklat Suralaya dan UP Gresik, sementara Leadership Academy akan dipusatkan di Udiklat Jakarta.