Deklarasi PLN Bersih Pada PLN Unit Induk Pembangunan IV

Selasa 11 Juni 2013, bertempat di jalan Wijaya 1 No. 63 tepatnya di Gedung Wisma PMI Lt. 7 Jakarta Selatan, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan IV melaksanakan kegiatan “DEKLARASI PLN BERSIH”. Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi yaitu, sesi internal untuk seluruh pegawai PLN UIP IV dan sesi eksternal yang dihadiri oleh beberapa mitra kerja perusahaan penyedia barang dan jasa, konsultan, dan PLN unit lain serta anak perusahaan PLN yang merupakan mitra kerja PLN UIP IV. Dalam acara yang berjalan selama ± 1,5 jam tersebut telah dilaksanakan suatu penandatanganan sebuah deklarasi bersama antara pihak PLN UIP IV dengan rekanan atau mitra kerja yang mana inti dari deklarasi tersebut menyatakan bahwa semua pihak tidak akan melakukan segala tindakan yang dapat dikategorikan sebagai korupsi menurut UU Tindak Pidana Korupsi nomor 20 tahun 2001 dalam setiap proses pengadaan barang dan jasa, serta pelayanan publik yang dilaksanakan oleh PLN.

 

Figure 1: Penadatanganan Deklarasi PLN Bersih PLN UIP IV Oleh General Manager PLN UIP IV Bapak Tri Agus Cahyono (Tengah), Bapak Dwi Budiyanto (Kiri), Dan Mr Suzuki (Kanan)

General Manager PT PLN UIP IV Bapak Tri Agus Cahyono melalui sambutannya mengatakan bahwa kegiatan “DEKLARASI PLN BERSIH” tersebut merupakan  bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan suatu lingkungan yang bersih dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) di PLN UIP IV, bersih dalam hal ini adalah bersih dari korupsi, gratifikasi dan suap. Menurut GM PLN UIP IV “Dengan adanya acara ini kami ingin menyatakan bahwa untuk bekerja sama dengan PLN tidak perlu mengeluarkan uang lebih melainkan cukup dengan mengikuti peraturan yang sudah ada secara benar saja”.

 

Figure 2 : Foto Bersama Manajemen PLN UIP IV Bersama Dengan Perwakilan Pegawai Masing-Masing Bidang

 

Pada kesempatan ini juga, Bapak Dwi Budiyanto dari PLN Jasa Manajemen Konstruksi yang mewakili PLN unit lain sebagai mitra PLN UIP IV menyampaikan sambutannya bahwa mereka menyambut dengan baik acara tersebut sebagai bukti bahwa Deklarasi PLN Bersih ini merupakan suatu komitmen PLN menuju perusahaan kelas dunia yang akan semakin berkembang. Selain itu, juga ada sambutan dari perwakilan penyedia barang maupun jasa yang menjadi mitra kerja PLN UIP IV yang disampaikan oleh Mr. Takao Suzuki dari NEWJEC Inc. selaku konsultan enjiniring PLN UIP IV dalam melaksanakan pembangunan Interkoneksi Sumatera Jawa. Dalam sambutannya yang coba disampaikan dengan Bahasa Indonesia, Mr. Takao Suzuki juga memberikan apresiasinya terhadap kegiatan Deklarasi PLN Bersih ini dan berharap dalam proses pembangunan proyek yang bernilai ± 2 milyar USD yang didanai dari pinjaman (LOAN dari JICA) tersebut, benar-benar dapat dipergunakan untuk keperluan pembangunan.

 

 

Figure 3 : Foto Bersama General Manager PLN UIP IV Bersama Dengan Perwakilan Rekanan, Mitra Kerja, dan Unit PLN Lain