Sektor Pembangkitan Cilegon

 

DSC_0487

 

MANAJER SEKTOR : Djoko Mulyono
LOKASI : Jl.Raya Bojonegara - Salira, Desa Margasari, Pulo Ampel Serang 42455, Banten Indonesia
KAPASITAS : 740 Mw

Dengan pertumbuhan kelistrikan sistem Jawa-Bali sebesar 6-7 %   pertahun,  PLN   berusaha  memenuhi  kebutuhan  listrik dengan menambah fasilitas pembangkitan tenaga  listrik yang effisien, ekonomis dan dengan meningkatkan keandalan pasokan tenaga listrik.Organisasi PT PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Cilegon masuk pada PT PLN (Persero) Unit Pembangkitan Jawa Bali sesuai dengan Keputusan Direksi PT PLN (Persero) Nomor : 1487.K/DIR/2011 terhitung mulai tanggal 27 Desember 2011, mempunyai fungsi dan tugas sebagai Asset Manager dan Asset Operator pada pengoperasian PLTGU Cilegon, bertanggung jawab dalam kegiatan operasi dan pemeliharaan pembangkitan secara efektif dan efisien dengan mutu dan keandalan yang baik untuk mencapai kenerja yang ditetapkan.

Untuk memenuhi pertumbuhan terserbut, diperlukan pembangunan PLTGU Cilegon(dengan kapasitas 740 MW) yang mulai beroperasi secara komersi pada bulan Mei 2006. Pada bulan Juli 2006 PLTGU Cilegon dapat beroperasi secara Combined Cycle (2-2-1).

Bahan bakar gas untuk pembangkit dipasok dari Lapangan gas CNOOC SES Ltd. di lepas pantai utara Banten melalui pipa gas bawah laut sepanjang +/- 66 km dan dari pipa gas PT PGN (Persero) Tbk.

Pasokan gas untuk kebutuhan PLTGU Cilegon diperoleh dari CNOOC SES Ltd. sebesar 80 BBTUD dan dari PT. PGN (Persero) Tbk. sebesar 30 BBTUD.